TMII Ramai Dikunjungi Wisatawan Saat Libur Natal, Begini Kondisinya

Anggi Muliawati - detikNews
Minggu, 26 Des 2021 11:25 WIB
Suasana TMII di Minggu pagi
Suasana TMII di Minggu Pagi (Anggi/detikcom)
Jakarta -

Libur Natal dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berlibur ke sejumlah tempat wisata, salah satunya Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Pagi ini, TMII sudah ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Pantauan detikcom di lokasi, Minggu (26/12/2021), selain pengunjung wisata, terlihat beberapa pesepeda meramaikan kawasan TMII.

Selain itu, ada wisatawan yang berbelanja oleh-oleh, dan berfoto-foto. Ada juga yang menaiki mobil yang disediakan TMII untuk berputar-putar di kawasan TMII.

Terlihat juga sebagian wisatawan mengantre untuk masuk ke area Taman Burung bersama keluarga.

Dari data pengunjung tercatat pagi ini mencapai 1.500 pengunjung, hal itu diungkapkan oleh Kepala Humas TMII Adi Widodo.

"Sampai jam 9 ini pengunjung, saya yakin kurang-lebih sudah ada 1.500 pengunjung, harapan tertinggi di hari Minggu 12.500," ujarnya.

Salah seorang pengunjung, Nusaibah (24), mengatakan kedatangannya ke TMII untuk wisata bersama keluarga.

"Saya asli Kebumen, sekarang lagi wisata aja ajak anak-anak sama keluarga," ujarnya.

Pengunjung lainnya, Tita (28), mengatakan ini pertama kalinya dia berkunjung ke TMII, meski masih dalam suasana pandemi, namun tetap tidak mengurasi antusias.

"Ini pertama kali ke sini, saya asli Purwarkarta, mau liburan aja sama keluarga," ujarnya.

Pengunjung Capai 10 Ribu Orang di Hari Sabtu

Dari data pengunjung selama libur Natal, tercatat ada sebanyak 10 ribu pengunjung lebih.

"Kalau untuk kemarin mencapai 10 ribu lebih ya, mengalami peningkatan dibandingkan di hari Sabtu Minggu lalu, yang hanya sekitar 7 ribu," ujar Adi.

Adi mengatakan, untuk kapasitas pengunjung di masa pandemi ini, pihak TMII membatasi pengunjung sekitar 75%.

"Untuk kapasitas pengunjung sekarang ini diijinkan 75% dari kapasitas normal, yang jumlahnya 60 ribu, maka kita jadi 45 ribu," ujarnya.

Sedangkan untuk harga tiket, Adi mengatakan TMII menaikkan harga tiket masuk selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2022. Kenaikan Rp 5.000 ini berlaku sejak 18 Desember hingga jangka waktu yang belum ditentukan.

"Untuk kenaikan harga kita sudah lakukan sejak 18 Desember, itu khusus perorangan, yang tadinya Rp 20 ribu menjadi Rp 25 ribu, sehingga ada kenaikan Rp 5.000 tiket perorangan," ujarnya.

(knv/knv)