Perbaikan Listrik di Tapsel-Madina yang Terimbas Longsong-Banjir Selesai

Ahmad Fauzi Manik - detikNews
Minggu, 26 Des 2021 04:11 WIB
Pemeliharaan kabel listrik di menara sutet rutin dilakukan agar dapat alirkan listrik secara optimal. Para petugas dikerahkan untuk melakukan pemeliharaan itu.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - PLN selesaikan perbaikan listrik di Tapanuli Selatan, dan Mandailing Natal (Madina) Tapsel-Madina Selesai Diperbaiki. Jaringan listrik tersebut sebelumnya mati akibat longsor dan banjir.

"Telah 100 persen kita pulihkan," kata Manager PLN UP3 (Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan) Padangsidimpuan Yusuf Hadiyanto, kepada wartawan Sabtu (25/12/2021).

Yusuf menyebut bencana banjir dan tanah longsor di dua Kabupaten itu, telah menyebabkan kerusakan 462 unit trafo. Berimbas putusnya aliran ke 30.346 pelanggan

Yusuf menjelaskan kerusakan terjadi pada area 4 ULP (Unit layanan pelanggan) yang berada dibawah UP3 Padangsidimpuan. Keempatnya yaitu Kotanopan, Panyabungan, Sidimpuan Kota dan Natal.

Proses perbaikannya dilakukan siang dan malam oleh teknisi dari masing-masing ULP. Uang disupervisi oleh tim dari UP3 Padangsidimpuan.

"Untuk memastikan percepatan recovery, kita juga menurunkan tim dari UP3 Padangsidimpuan ke masing-masing ULP sebagai pelaksana supervisi," ujar Yusuf.

Manajer ULP Padangsidimpuan Kota, Wayu Dwiafridho A menyampaikan rasa terima kasihnya kepada masyarakat, yang telah bersabar dengan gangguan ini. Wilayah ULP Padangsidimpuan Kota merupakan salah satu yang paling terdapak dalam bencana ini.

ULP ini membawahi Kota Padangsidempuan dan 7 Kecamatan yang ada di Tapsel. Yakni Angkola Barat, Angkola Selatan, Angkola Sangkunur, Batang Angkola, Batang Toru, Muara Batang Toru dan Marancar.

Bencana banjir terjadi di Kota Padangsidimpuan, Angkola Sangkunur dan Batang Toru. Dimana banjir di Angkola Sangkunur merupakan banjir yang terparah dalam bencana kali ini.

"Apabila masyarakat masih menemukan ada gangguan listrik silahkan melapor pada aplikasi PLN Mobile atau Call Center 123," kata Wayu.

(aik/aik)