BI Beri Bantuan Traktor untuk Buka Lahan Jagung di Papua

Jihaan Khoirunnisa - detikNews
Sabtu, 25 Des 2021 22:07 WIB
Bank Indonesia
Foto: Dok. Bank Indonesia
Jakarta -

Bank Indonesia (BI) perwakilan Provinsi Papua menyerahkan bantuan 1 unit mesin traktor kepada kelompok petani binaan Papua Muda Inspiratif (PMI). Alat tersebut nantinya akan digunakan untuk membuka lahan pertanian jagung seluas 5-10 hektare (Ha).

Diketahui, Papua Muda Inspiratif (PMI) merupakan binaan Badan Intelijen Negara (BIN). Mereka mengemban tugas untuk membawa semangat baru bagi anak-anak muda Papua. Lewat PMI, anak-anak muda Papua diharapkan dapat mengimplementasikan potensi ide kreatifnya.

Ketua Papua Muda Inspiratif (PMI) Papua Barat, Yakob Tabuni mengapresiasi langkah baik dari BI tersebut. Dia mengatakan kegiatan pembukaan lahan rencananya akan dilaksanakan pada awal tahun 2022.

"Kelompok Tani Ikatan Petani Papua Bersatu di bawah binaan Koorwil PMI Merauke akan menggunakan traktor tersebut untuk proses pembukaan lahan pertanian tanaman jagung seluas 5 - 10 Ha," ujar Yakob dalam keterangan tertulis, Sabtu (25/12/2021).

"Kegiatan tersebut rencananya akan dimulai setelah perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022," imbuhnya.

Menurut YakobĂ , pemberian alat pertanian itu sebagai wujud kepedulian Bank Indonesia dalam mendukung terciptanya petani milenial di kawasan Papua.

"Penyerahan mesin traktor tersebut merupakan realisasi dari serah terima bantuan secara simbolis yang dilakukan pada 15 Desember 2021," terang Yakob.

Dikatakan Yakob, dia bersama jajaran organisasi akan mengadakan syukuran secara adat dengan suku setempat. Tujuannya demi melancarkan niat baik PMI dalam menciptakan program agrikultur di bumi cenderawasih.

"Kelompok Tani Ikatan Petani Papua Bersatu mengadakan acara syukuran dengan pemberkatan secara adat Suku Muyu dan pemberkatan dengan doa bersama," pungkasnya.

(akn/ega)