Kebakaran Ruko di Ancol, Korban Tewas Saat Selamatkan Anak-Istri

Nahda RIzki Utami - detikNews
Sabtu, 25 Des 2021 13:43 WIB
Foto: Seorang warga tewas dalam kebakaran sebuah ruko tiga lantai di Ancol, Pademangan, Jakarta Utara (Jakut). Kebakaran tersebut diduga akibat korsleting. (Nahda Rizki/detikcom)
Seorang warga tewas dalam kebakaran sebuah ruko tiga lantai di Ancol, Pademangan, Jakarta Utara (Jakut). Kebakaran tersebut diduga akibat korsleting. (Nahda Rizki/detikcom)
Jakarta -

Iwan Sunyoto (44) tewas akibat kebakaran ruko tiga lantai miliknya di Ancol, Pademangan, Jakarta Utara (Jakut). Iwan tewas saat hendak menyelamatkan istri dan anaknya saat api menjalar ke bagian atas ruko.

Kebakaran terjadi dini hari tadi sekitar pukul 00.18 WIB. Saat itu, Iwan membangunkan istri dan anaknya untuk naik ke bagian atas ruko karena api sudah semakin besar.

Dia hendak menyelamatkan istri dan anaknya. Namun saat itu api sudah semakin besar dan asap semakin banyak sehingga membuat Iwan pingsan dan akhirnya terbakar.

"Mereka di atas lagi pada tidur, tapi suaminya bangunin yang almarhum itu, suruh pindah ke atas untuk penyelamatan diri," kata Ketua RT 09 RW 01 Ancol, Marjani, di lokasi, Sabtu, (25/12/2021).

"Ternyata istri sama anaknya dua-duanya selamat, tapi suaminya kemungkinan besar karena dia asapnya sudah terkepung ini mungkin dia cari jalan susah, mungkin udah banyak menghirup asap, pingsan, ternyata kebakar," sambungnya.

Marjani mengatakan api menghanguskan tiga lantai ruko milik IS. Marjani juga mengatakan api hampir mengenai ruko sebelahnya.

Foto: Seorang warga tewas dalam kebakaran sebuah ruko tiga lantai di Ancol, Pademangan, Jakarta Utara (Jakut). Kebakaran tersebut diduga akibat korsleting. (Nahda Rizki/detikcom)(Nahda Rizki/detikcom)

"Hampir sebelah ini kan yang kena Ruko 6 AP. Nah, ruko 6 AO hampir sedikit saja. Jadi yang habis satu ruko aja. Dari lantai bawah sampai lantai atas," ujar Marjani.

Saat itu, Marjani dan warga lainnya langsung menghubungi pemadam kebakaran (damkar) untuk memadamkan api. Tim damkar dengan cepat langsung memadamkan api yang sudah membakar ruko tiga lantai.

"Dari temen saya dari sekretaris RW. Saya juga telepon, ternyata pas saya telepon lagi perjalanan kemari," jelas Marjani.

"Cepat (pemadaman). Kalau nggak cepat, mungkin udah kena yang lain," tambahnya.

Kebakaran Diduga Akibat Korsleting Listrik

Diketahui sebelumnya, seorang warga tewas dalam kebakaran sebuah ruko tiga lantai di Ancol, Pademangan, Jakarta Utara (Jakut). Kebakaran tersebut diduga akibat korsleting.

"Dugaan penyebab korsleting listrik," kata seorang petugas Subcommand Center Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakut, Sabtu (25/12).

Seorang warga tewas dalam kebakaran sebuah ruko tiga lantai di Ancol, Pademangan, Jakarta Utara (Jakut). Kebakaran tersebut diduga akibat korsleting. (Nahda Rizki/detikcom)Foto: Nahda Rizki/detikcom

Ruko yang terbakar itu berada di Jalan Tongkol Nomor 6 RT 09/01, Kelurahan Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakut. Sebanyak 12 unit mobil damkar dikerahkan untuk memadamkan kebakaran pada dini hari tersebut.

Saat ini, tampak di pintu masuk ruko sudah dipasangi garis polisi. Tampak ada sepeda motor terbakar. Jeruji yang menjadi pagar di lantai 2 dan tiga tampak sudah dilepas.

Selain itu, terlihat rolling door di lantai dasar juga dibuka. Tampak kebakaran tersebut juga mengakibatkan sejumlah kerusakan pada ruko yang berada di kanan dan kiri dari ruko yang terbakar tersebut.

Lihat juga video 'Perjalanan Kereta Terganggu Imbas Kebakaran Pasar Gaplok':

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/jbr)