Tok! Kedubes Malaysia Kalah Vs Warga soal Tanah di Kemang Jaksel

Andi Saputra - detikNews
Jumat, 24 Des 2021 17:49 WIB
Ilustrasi Palu Hakim
Ilustrasi palu hakim (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Kedutaan Besar (Kedubes) Malaysia di Jakarta kalah melawan warga soal sengketa tanah di Kemang, Jakarta Selatan (Jaksel). Sengketa ini sempat dilaporkan ke Komisi Yudisial (KY) oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan Djalil.

Sebagaimana dikutip dari Sistem Informasi Penelusuran Perkara Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (SIPP PN Jaksel), Jumat (24/12/2021), berikut bunyi putusannya:

Dalam Konpensi:
Dalam Provisi:
Menolak provisi Penggugat;

Dalam Eksepsi:
Menolak Eksepsi Tergugat I dan Tergugat II;

Dalam Pokok Perkara:
Menyatakan gugatan Penggugat tidak dapat diterima;

Dalam Rekonpensi:
Menyatakan gugatan Penggugat Rekonpensi/Tergugat II Konpensi tidak dapat diterima;

Dalam Konpensi dan Rekonpensi:
Menghukum Penggugat Konpensi/Tergugat Rekonpensi untuk membayar biaya perkara yang hingga hari ini dihitung sejumlah Rp. 11.226.000,00 (sebelas juta dua ratus dua puluh enam ribu rupiah).

Putusan itu diketok oleh Ketua Majelis Ahmad Suhel dengan anggota Mardison dan Hariyadi. Putusan 50/Pdt.G/2020/PN JKT.SEL itu diketok pada 8 Desember 2021 lalu. Atas putusan itu, Kedubes Malaysia mengajukan banding.

Sebagaimana diketahui, tanah yang dimaksud adalah di Jalan Kemang VI Nomor 9B, Kelurahan Bangka RT 008 RW 02, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Kasus ini cukup rumit dan berjalan cukup lama.

Bermula pada 16 Januari 1971, saat Kedubes Malaysia membeli tanah itu dan dicatat oleh notaris. Tanah itu rencananya akan dipakai untuk kediaman resmi Dubes Malaysia di Indonesia. Namun dalam perjalanannya, terjadi sengketa.

Warga menggugat Kedubes Malaysia di Jakarta terkait tanah tersebut. Warga menilai tanah itu miliknya dan meminta ganti rugi Rp 331 miliar lebih. Namun pada 25 Juni 2018, PN Jaksel menyatakan gugatan itu gugur dan mencoret dalam register perkara perdata.

Lihat juga video 'Nekat Jual Tanah Milik Istri, Pria di Kulon Progo Diancam 7 Tahun Bui':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman selanjutnya: