KLHK Bersama GLI Lakukan Penanaman 86 Ribu Bibit Pohon di 34 Provinsi

Dea Duta Aulia - detikNews
Kamis, 23 Des 2021 21:26 WIB
KLHK
Foto: KLHK
Jakarta -

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya bersama anak muda dari Green Leaders Indonesia (GLI) melaksanakan penanaman pohon serentak di 334 provinsi di Indonesia, Minggu (19/12/2021).

Kegiatan bertajuk" Kaum Muda Menanam" ini bertujuan untuk memfasilitasi para kaum muda sebagai bukti kerja lapangan bersama, inklusif, dan untuk membangun kesadaran bersama secara utuh untuk pemulihan lingkungan.

Menteri Siti mengatakan, kegiatan ini melibatkan lebih dari 10 ribu pemuda dari seluruh provinsi di Indonesia, dengan total jumlah bibit pohon ditanam lebih kurang 86 ribu bibit.

"Yang paling penting sekarang adalah bagaimana kita bersama-sama menyelesaikan, membantu, bekerja dengan fasilitasi pemerintah pusat dan daerah untuk memulihkan lingkungan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (23/12/2021).

Menteri Siti mengapresiasi para anak muda dari GLI yang turut berkontribusi terhadap kegiatan penanaman di seluruh Indonesia. Tak hanya itu, ia juga mengatakan, lokasi penanaman yang dilakukan olehnya di Desa Datah Bali ini merupakan salah satu bentuk Usaha Pengelolaan Sumberdaya Alam (UPSA).

"UPSA merupakan upaya konservasi tanah dan air komprehensif pada sebidang lahan kering yang dipergunakan sebagai tempat untuk memperagakan teknik-teknik konservasi tanah dan air," jelasnya.

UPSA juga dimaksudkan sebagai salah satu bentuk kegiatan nyata dalam mitigasi kebencanaan, terutama dalam menghadapi tantangan perubahan iklim termasuk bencana hidrometeorologi.

"Kita tahu ada cara untuk mengelola alam dengan baik, dan seharusnya kita bekerja seperti itu," ujarnya.

Menteri Siti mengharapkan dengan lahirnya para Green Leaders Indonesia, dapat memahami teknik pengelolaan alam melalui UPSA dengan dasar-dasar ilmu pengetahuan. Selain itu, diperlukan juga langkah-langkah yang sistematis dan terukur.

"Karena menangani alam ini bukan hanya dengan teriak-teriak, tetapi dengan pengetahuan, dedikasi dan bekerja secara nyata," ujar Siti.

Sementara itu, Bupati Karangasem, I Gede Dana menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan penanaman ini.

"Dengan adanya gerakan ini, saya yakin Indonesia akan semakin hijau, udara akan semakin bersih," tutup Gede Dana

(ega/ega)