Pesan Puan Maharani untuk Mahasiswa yang Ikut Program Magang di DPR

Inkana Izatifiqa R Putri - detikNews
Kamis, 23 Des 2021 17:02 WIB
Puan dan Mahasiswa Magang di DPR
Foto: DPR RI

Cucu Proklamator RI Bung Karno ini pun berharap program Kampus Merdeka dapat menjadi wadah bagi mahasiswa untuk lebih memahami makna demokrasi.

"Kalian sudah merasakan sendiri bahwa di dalam kerja-kerja demokrasi, kita bukan hanya harus berbicara tetapi bahwa kita juga harus mau mendengar. Bahwa kita harus saling menemukan titik temu yang terbaik untuk mengambil keputusan," katanya.

Tak hanya itu, Puan juga mengingatkan soal fungsi legislasi, anggaran, maupun pengawasan program Magang di Rumah Rakyat. Ia mengatakan program ini tidak boleh hanya dijadikan untuk mengejar jumlah SKS. Menurutnya, program tersebut perlu dijadikan sebagai bagian dari proses perjalanan mahasiswa untuk mempersiapkan karier ke depannya.

"Saya berharap ilmu, pengalaman, kompetensi yang kalian sudah peroleh selama magang di DPR RI agar dapat terus dilatih dan dikembangkan untuk persiapan karier kalian masing-masing di masa yang akan datang," jelasnya.

Puan juga mengimbau agar para peserta dapat membagikan pengalaman dan pengetahuannya selama magang, khususnya kepada teman-teman sesama mahasiswa. Dengan begitu, lanjut Puan, generasi muda nantinya akan dapat berkembang dan maju bersama-sama.

"Kalianlah yang akan menjadi Generasi Emas Indonesia tahun 2045 sebagai SDM yang unggul, berakhlak, berdaya saing, berbudaya, serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Kalian adalah generasi yang akan mengubah Indonesia, membawa Indonesia menjadi lebih maju lagi, lebih hebat lagi," katanya.

DPR RI juga mengapresiasi Kemendikbud-Ristek yang telah membuat program Kampus Merdeka. Puan optimis melalui program-program Kampus Merdeka, nantinya akan tercipta SDM yang unggul.

"Terima kasih sudah memilih DPR RI sebagai Kampus Merdeka, kampus yang dapat dijadikan tempat belajar dan menambah wawasan serta pengetahuan tentang DPR RI. Semoga bermanfaat bagi mahasiswa dan bangsa," ungkapnya.

Di sisi lain, Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kemendikbud-Ristek, Prof. Ir Nizam yang mewakili Mendikbud Ristek Nadiem Makarim mengapresiasi Puan dan DPR RI yang telah menerima mahasiswa dalam program magang tersebut.

"Pengalaman mahasiswa selama magang di DPR sangat banyak. Silakan sampaikan ke mahasiswa lain bagaimana DPR bekerja," pungkas Nizam.

Sebagai informasi, program Magang di Rumah Rakyat dilaksanakan sejak 1 September lalu hingga 23 Desember 2021. Program ini diikuti oleh sekitar 200 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Awalnya, DPR RI hanya mempersiapkan kuota untuk 50 orang. Namun, melihat antusias mahasiswa yang mendaftar ada 17 ribu, DPR RI memutuskan menerima 200 mahasiswa untuk magang.

Mahasiswa yang menjadi peserta program itu telah menempuh 560 jam pelajaran dari kuliah umum sampai simulasi sidang DPR dan presentasi makalah mengenai peran mahasiswa dalam parlemen modern.


(ncm/ega)