Pesan Puan Maharani untuk Mahasiswa yang Ikut Program Magang di DPR

Inkana Izatifiqa R Putri - detikNews
Kamis, 23 Des 2021 17:02 WIB
Puan dan Mahasiswa Magang di DPR
Foto: DPR RI
Jakarta -

Ketua DPR RI Puan Maharani menutup program magang di Rumah Rakyat yang digelar di Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta hari ini. Program ini merupakan salah satu inisiasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dalam rangka Kampus Merdeka.

Dalam kesempatan ini, Puan menyampaikan apresiasi dan pesan khusus kepada mahasiswa yang sudah menjadi peserta magang di DPR RI.

"Saya menyampaikan apresiasi kepada adik-adik yang mempunyai semangat belajar yang tinggi dalam mengikuti program Magang di Rumah Rakyat DPR RI. Selama program ini, adik-adik sudah melihat dan ikut terlibat dalam dapur-nya DPR RI," kata Puan dalam keterangan tertulis, Kamis (23/12/2021).

Lebih lanjut, ia mengatakan dirinya juga merasa bangga dengan hadirnya program ini. Pasalnya, program ini membuat banyak mahasiswa dapat merasakan cara kerja politik di DPR RI.

"Kalian sudah melihat langsung bahwa banyak kerja-kerja politik di DPR yang selama ini berjalan dengan padat tetapi memang tidak diliput oleh media. Bahkan adik-adik juga telah sukses melakukan simulasi rapat kerja dalam melaksanakan fungsi legislasi dan fungsi pengawasan," ungkapnya.

Dengan hadirnya program ini, Puan berharap mahasiswa dapat memanfaatkan pengalaman dan pengetahuan yang telah didapat selama magang. Terlebih selama magang, peserta telah diberi ilmu terkait proses kerja mulai dari di komisi dan berbagai alat kelengkapan dewan (AKD), rapat-rapat di DPR hingga mekanisme dan tata tertib dewan.

"Hal-hal ini bisa kalian sampaikan saat kembali ke kampus dan daerah masing-masing bahwa segala sesuatunya di DPR itu tidak bisa hanya dilakukan sendirian, tapi harus bersama-sama dengan seluruh partai atau fraksi yang ada," ungkapnya.

Puan menambahkan DPR RI juga selalu berupaya melakukan kerja-kerja secara optimal meskipun di tengah pandemi COVID-19. Bahkan, ia menyebut saat ini DPR RI sudah mulai meningkatkan kegiatan kerja di lapangan seiring kondisi COVID-19 di Indonesia yang semakin membaik.

"Insyaallah ke depan setelah pandemi COVID-19 semoga segera berakhir atau mereda, saya berkeinginan agar cita-cita yang sudah menjadi visi-misi kami itu bisa berjalan sebagaimana mestinya," ujarnya.

Pada acara tersebut, Puan pun mengatakan pihaknya juga terus membuka diri terhadap masukan dari publik. Ia juga mempersilakan masyarakat yang hendak menyalurkan aspirasi untuk datang ke DPR RI, namun tetap harus mengikuti mekanisme yang berlaku.

"Silakan datang ke DPR namun lakukan secara santun, beretika, dan kami tentu saja akan menerima seluruh aspirasi yang akan disampaikan. Dan tentu saja mekanisme-mekanisme yang harus dilakukan di DPR tetap harus dijaga," sebutnya.

Klik halaman selanjutnya >>>