Sidang Pleno Pembacaan LPJ PBNU Era Said Aqil Digelar Tertutup

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Kamis, 23 Des 2021 11:55 WIB
Suasana Muktamar NU
Suasana Muktamar NU (Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom)
Bandar Lampung -

Muktamar NU ke-34 memasuki hari kedua. Hari ini, agenda yang tengah berlangsung adalah sidang pleno II, yakni pembacaan laporan pertanggungjawaban (LPJ) PBNU kepengurusan Said Aqil Siroj.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima detikcom dari panitia pelaksana Muktamar NU ke-34, sidang pembacaan LPJ digelar secara tertutup. Alasannya, pembacaan LPJ dinilai sebagai pembahasan internal organisasi.

Saat ini di lokasi diketahui telah hadir jajaran pengurus harian PBNU, termasuk Ketua Umum PBNU KH Said Aqil dan Katib 'Aam PBNU KH Yahya Cholil Staquf.

Pantauan detikcom di lokasi pleno, tepatnya Gedung Serba Guna UIN Raden Intan, Lampung, pukul 11.00 WIB, Kamis (22/12/2021), tampak sejumlah kader NU yang tidak bisa masuk ke gedung duduk di sekitar taman. Mereka tampak mengobrol satu sama lain.

Para kader NU itu ada yang menggunakan pakaian batik dan pakaian berwarna mayoritas hijau. Mereka terdiri dari berbagai kalangan, dari anak-anak, dewasa, hingga lanjut usia.

Di lokasi saat ini pembahasan sidang pleno II dapat terdengar oleh sejumlah kader NU dan awak media melalui pengeras suara yang berada di luar gedung. Sejumlah petugas kepolisian dan anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) tampak berjaga di depan pintu masuk gedung pleno.

(rak/yld)