ADVERTISEMENT

Anies Bacakan Amanat Kapolri di Apel Operasi Lilin, Ingatkan Prokes

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 23 Des 2021 09:45 WIB
Gubernur DKI Jakarta hadiri apel pasukan pelaksanaan Operasi Lilin Jaya 2021
Apel pasukan Operasi Lilin 2021 di Polda Metro Jaya (Yogi/detikcom)
Jakarta -

Polri menggelar Operasi Lilin 2021 dalam rangka mengamankan libur Natal dan tahun baru 2022. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengingatkan kepada jajarannya untuk mengantisipasi ancaman di masyarakat selama masa libur tersebut.

"Berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan terdapat beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang harus kita antisipasi, antara lain ancaman kelompok intoleran, radikalisme, dan terorisme. Aksi kriminalitas seperti curat, curas, curanmor, balap liar, penyalahgunaan narkoba, pesta miras, aksi perusakan fasilitas umum," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membacakan amanat Kapolri dalam apel pasukan Operasi Lilin 2021 di Polda Metro Jaya, Kamis (23/12/2021).

Kapolri juga meminta seluruh jajarannya mengantisipasi bahaya bencana alam yang bisa datang secara tiba-tiba. Penegakan disiplin dalam protokol kesehatan juga harus selalu ditekankan.

"Oleh karena itu, Operasi Lilin 2021 harus dilaksanakan secara optimal. Kejahatan dan gangguan kamtibmas harus kita cegah dan antisipasi. Ketika operasi ini berhasil, masyarakat dapat melaksanakan aktivitas ibadah Natal dan tahun baru dengan rasa aman dan nyaman, baik dari gangguan kamtibmas maupun dari bahaya COVID-19," katanya.

Operasi Lilin 2021 digelar selama 10 hari mulai hari ini hingga 2 Januari 2022. Total ada 177.212 personel gabungan yang diturunkan dalam operasi tersebut.

Ratusan ribu personel keamanan itu terdiri atas 103 ribu personel Polri, 19 ribu personel TNI, dan 55 ribu personel dari pemerintah daerah. Personel pengamanan itu akan ditempatkan di 54.959 objek di seluruh Indonesia, mulai gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, hingga stasiun kereta api, bandara, dan pelabuhan.

"Kekuatan personel tersebut akan ditempatkan pada 19.464 pos pengamanan dan 1.082 pos pelayanan," ujar Anies.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya

Saksikan Video 'Pemerintah Gelar Operasi Lilin Saat Nataru, Ada Penebalan Petugas':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT