ADVERTISEMENT

Menanti Pebalap Formula E Gas Pol di Sirkuit 'Kuda Lumping' di Ancol

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 23 Des 2021 08:14 WIB
Jakarta -

Lokasi balapan Formula E di Jakarta akhirnya diputuskan di Ancol. Aksi pebalap mobil bertenaga listrik mengaspal di sirkuit berbentuk 'kuda lumping' itu pun dinantikan.

Formula E akan dimulai pada 4 Juni 2022. Penentuan lokasi balapan Formula E di Jakarta sempat mengalami banyak perubahan. Semula, rencana balapan bakal digelar di Monas menuai pro-kontra hingga kini Ancol ditetapkan resmi sebagai lokasi ajang balapan Formula E.

detikcom merangkum informasi mengenai Formula E yang resmi digelar di Ancol. Berikut rangkumannya:

Desain Sirkuit Berbentuk Kuda Lumping

Ketua Organizing Committee Formula E Jakarta 2022 Ahmad Sahroni resmi mengumumkan Ancol akan menjadi lokasi Formula E World Championship 2022 di Jakarta. Sirkuit ini memiliki panjang lintasan 2,4 km dengan 18 tikungan dan berbentuk menyerupai kuda lumping.

Sirkuit akan segera dibangun pada Januari dengan standardisasi FEO dan FIA. Rencananya, pembangunan sirkuit rampung pada April 2022 dan akan diberi nama Jakarta International EPrix Circuit.

"Kita targetkan 3 bulan sampai April semua perbaikan yang mendukung sirkuit ada. Startnya Januari," kata Sahroni Rabu (22/12/2021).

Selain itu, Direktur Utama Jakpro Widi Amanasto mengungkapkan, dari sirkuit akan terlihat Jakarta International Stadium (JIS) untuk menggambarkan ikon Ibu Kota. Gambar kuda lumping dipilih karena memiliki arti nasional.

"Gambaran sirkuit bisa dilihat seperti apa rupanya? Kuda lumping. Filosofinya kuda lumping apa? Itu nasional," ujar Widi.

Simak alasan pemilihan Ancol jadi sirkuit Formula E di halaman selanjutnya:



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT