ADVERTISEMENT

Ribut Gerindra Vs Demokrat Urusan Anak Pendiri Parpol Dikarbit

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 22 Des 2021 07:41 WIB
Ketum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menemui Ketum Gerindra Prabowo Subianto di Jl Kertanegara, Jakarta Selatan, sekitar pukul 10.00 WIB, Senin (30/7/2019).
SBY dan Prabowo (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Pernyataan Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad perihal 'anak pendiri parpol dikarbit' memancing reaksi Partai Demokrat (PD). 'Ribut' pernyataan antara Gerindra vs Demokrat tak terelakkan.

Pernyataan soal anak pendiri parpol dikarbit disampaikan Dasco dalam agenda penutupan Kongres Tunas Indonesia Raya (Tidar) di Hotel Sahid, Jakarta, Minggu (19/12/2021). Awalnya Dasco menyinggung pentingnya regenerasi pimpinan dalam partai politik, dan menyebut Gerindra 'mengharamkan' oligarki kekuasaan.

"Tadi sudah disampaikan bahwa regenerasi itu penting. Di Gerindra itu tidak mengenal adanya oligarki kekuasaan. Bahkan terhadap anak pendiri Gerindra pun itu tidak ada keistimewaan," kata Dasco dalam sambutannya.

Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad (Foto: dok Istimewa)Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad (Foto: dok Istimewa)

Dasco kemudian mencontohkan Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, yang baru saja terpilih menjadi Ketua Umum PP Tidar periode 2021-2026. Saat inilah Wakil Ketua Umum (Waketum) Gerindra itu menyinggung anak pendiri parpol dikarbit.

"Rahayu Saraswati yang saya kenal itu menapak dan mengikuti serta mengalami pendidikan dan berjenjang. Jadi tidak kemudian seperti partai-partai lain yang bapaknya mendirikan partai dan jadi ketua umum partai, tiba-tiba anaknya langsung dikarbit," ucapnya.

"Kalau orang bilang, 'wah, itu kan anak Pak Hasyim', nggak gitu, kita tahu sejarahnya. Sudah pernah jadi anggota DPR RI, ketum sayap partai dan waketum partai besar. Jadi ini adalah prestasi yang dibuat berjenjang. Bukan karena ada Pak Hasyim saya ngomong begini," imbuhnya.

Berselang beberapa hari, sejumlah pengurus DPP Demokrat bereaksi. Ada tiga elite Demokrat yang menanggapi pernyataan anak pendiri parpol dikarbit.

Dua di antaranya Kepala Bakomstra Demokrat Herzaky Mahendra Putra dan Deputi Bappilu Kamhar Lakumani. Selain itu, atasan Kamhar, Ketua Bappilu Demokrat Andi Arief juga nimbrung merespons Dasco.

Baca di halaman berikutnya.

Saksikan juga Spesial Hari Ibu: "Kami Mau Ditelepon Ayah"

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT