ADVERTISEMENT

Ingatkan Perintah Jokowi, Legislator Minta Dudung dan Bahar Saling Tabayun

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 21 Des 2021 15:28 WIB
Bahar bin Smith saat ini kembali diperbincangkan. Hal ini dikarenakan beredarnya sebuah video ceramah Habib Bahar bin Smith. Seperti apa bentuknya?
Habib Bahar bin Smith (Foto: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
Jakarta -

Habib Bahar bin Smith dan Eggi Sudjana dipolisikan karena ucapan menyinggung Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman. Legislator Komisi III DPR Habiburokhman menyarankan Dudung dan Bahar tabayun terlebih dahulu.

Dalam keterangannya, Selasa (21/12/2021), Habiburokhman mengingatkan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang penegakan hukum restorative justice. Karena itu, Habiburokhman yakin permasalahan ini bisa dikomunikasikan.

"Polri perlu mengedepankan restorative justice sebagaimana arahan Pak Presiden beberapa waktu belakangan ini. Harus tabayun dahulu antara para pihak, harus dikomunikasikan dengan baik apa maksud masing-masing pihak terkait pernyataan-pernyataan yang menjadi viral," kata Habiburokhman.

Habiburokhman yakin Jenderal Dudung bukan orang yang mudah terpancing emosinya dan lebih suka berdialog. Dia menyebut permasalahan komunikasi ini bisa diselesaikan baik-baik.

"Yang saya tahu Pak Dudung juga bukan tipikal sumbu pendek, beliau orang bijaksana yang pasti lebih suka mengedepankan dialog. Kita semua bersaudara, kalau soal komunikasi saja mestinya bisa kita selesaikan dengan bijak," katanya.

Wakil Ketua MKD DPR HabiburokhmanWakil Ketua MKD DPR Habiburokhman (Dok. Habiburokhman)

Bukti Autentik

Habib Bahar Smith dan Eggi Sudjana dipolisikan gegara ucapan yang menyinggung Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman. Polisi menyebutkan ada bukti autentik yang dibawa pelapor dalam pelaporan di Polda Metro Jaya itu.

"Laporan ada, jadi pelapor bawa bukti otentik terkait penyampaian orang yang mereka laporkan di medsos dengan kalimat-kalimat yang menimbulkan permusuhan, ujaran kebencian, dan SARA," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Zulpan kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (20/12).

Zulpan mengatakan pihaknya menerima dua laporan dari masyarakat terkait Habib Bahar Smith dan Eggi Sudjana. Laporan pertama diterima pada 7 Desember 2021.

"Kaitan dengan laporan polisi terhadap Saudara Eggi Sudjana dan Bahar Smith. Betul ada laporan polisi terhadap mereka pertama 7 Desember 2021, dilaporkan dua orang: Eggi dan Bahar," katanya.

Jokowi pernah memberi arahan soal penegakan hukum. Simak di halaman selanjutnya.

Simak juga Video: Heboh! Ceramah Habib Bahar Ancam-Bakal Habisi yang Khianati Rizieq

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT