Tema Natal PGI KWI 2021 dan Pesan Tahun Ini

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 21 Des 2021 12:03 WIB
Tema Natal PGI KWI 2021
Tema Natal PGI KWI 2021 (Foto: A.Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Tema Natal PGI KWI 2021 sudah diumumkan. Untuk merayakan Natal tahun ini, Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) dan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) telah mengeluarkan pesan Natal.

Mengutip laman PGI, adapun tema Natal PGI KWI 2021 'Cinta Kasih Kristus yang Menggerakkan Persaudaraan" (Ptr. 1:22). Diusungnya tema ini agar mengingatkan umat untuk saling mengasihi dengan segenap hati dalam kasih persaudaraan yang tulus dan ikhlas melalui tindakan belarasa.


detikcom sudah merangkum serba-serbi tema Natal PGI KWI 2021. Untuk mengetahuinya, simak rangkuman di bawah ini.

Tema Natal PGI KWI 2021: Tunjukkan Kasih Melalui Aksi Nyata

Masih mengutip situs PGI, tema Natal PGI KWI 2021 diangkat atas mempertimbangkan situasi saat ini. Karena Indonesia belum bebas dari COVID-19, PGI mengingatkan bahwasanya umat merupakan saudara yang berada dalam satu perahu dunia. Saat ini, kita semua tengah menghadapi badai COVID-19.

Dalam situasi ini pula, falsafah hidup persaudaraan sebagai karakter khas orang Indonesia kian bermakna dan mendesak untuk kita wujudkan. Melalui tema Natal PGI KWI 2021 pula, umat diharapkan untuk saling menunjukkan kasih melalui aksi nyata.

Tema Natal PGI KWI 2021: Pesan Natal Tahun Ini

Tema Natal PGI KWI 2021 sudah diketahui. Mari simak pula pesan Natal tahun ini yang digaungkan oleh PGI-KWI.

Pesan Natal tahun ini dapat dimaknai dengan seksama. Karena tema Natal PGI KWI 2021 adalah 'Cinta Kasih Kristus yang Menggerakkan Persaudaraan', umat Kristiani diminta mengeratkan persaudaraan agar dapat menghadapi COVID-19. Simak pesan Natal tahun ini di sini.

Tema Natal PGI KWI 2021: Simak Panduan Ibadah Natal Tahun Ini

Setelah mengetahui tema Natal PGI KWI 2021, mari ingat kembali panduan ibadah Natal tahun ini. Kementerian Agama (Kemenag) sudah menyusun panduan ibadah Natal ditengah pandemi COVID-19. Mekanisme ini disesuaikan dengan mempertimbangkan situasi Corona yang masih mewabah.

Panduan ibadah Natal tahun ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Kemenag Nomor 33 Tahun 2021 Tentang Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 Dalam Pelaksanaan Ibadah dan Peringatan Hari Raya Ntaal Tahun 2021. Melalui SE ini, masyarakat diimbau untuk mematuhi aturan yang ada. Tujuannya agar tidak terjadi kluster baru di tahun baru.

Berikut panduan lengkap ibadah Natal sesuai dengan SE Kemenag Nomor 33 Tahun 2021:

  1. Menggunakan masker dengan baik dan benar
  2. Menjaga kebersihan tangan dengan cara mencuci tangan menggunakan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer
  3. Menjaga jarak dengan jemaah lain paling dekat 1 (satu) meter
  4. Dalam kondisi sehat (suhu badan di bawah 37 derajat celcius)
  5. Tidak sedang menjalani isolasi mandiri
  6. Tidak baru kembali dari perjalanan luar daerah
  7. Membawa perlengkapan peribadatan masing- masing
  8. Menghindari kontak fisik atau bersalaman
(azl/imk)