Turun Tangan Gerindra Sudahi Ribut Sandiaga Vs Kamrussamad soal Ijtima Ulama

Matius Alfons - detikNews
Selasa, 21 Des 2021 07:29 WIB
Panas hubungan Sandiaga dan Kamrussamad.
Foto: 'Panas' hubungan Sandiaga dan Kamrussamad. (dok. istimewa)'
Jakarta -

Gerindra turun tangan menyudahi ribut Sandiaga Uno dan Kamrussamad soal isu rekayasa Ijtima Ulama demi dukungan di Pilpres 2024. Gerindra menegaskan sikap dua kadernya itu bukan sikap partai.

Perseteruan keduanya berawal dari tudingan Kamrussamad terhadap sesama kader Gerindra Sandiaga Uno. Dia menuding Sandiaga merekayasa ijtima ulama demi kepentingan Pilpres 2024.

"Upaya rekayasa forum Ijtima Ulama DKI Jakarta (deklarasi bulan Oktober 2021) dan forum Ijtima Ulama Jawa Barat (deklarasi bulan Desember 2021) merupakan tindakan berpotensi menimbulkan politik identitas sebagai pemecah belah bangsa," kata Kamrussamad dalam keterangan tertulis yang berjudul 'Gerindra: Sesalkan Sandiaga Uno Rekayasa Ijtima Ulama demi Capres', Kamis (16/12/2021).

"Saya khawatir ada sekelompok oknum yang bekerja secara sistematis bersama Sandiaga sehingga tega lakukan eksploitasi identitas ulama," imbuhnya.

Respons Sandiaga Uno

Tudingan Kamrussamad dijawab Sandiaga Uno beberapa hari kemudian. Sandiaga mengaku tidak memikirkan persoalan Pilpres 2024.

"Tanggapan saya adalah, tentunya sekarang saya fokusnya di Parekraf. Nggak kepikiran sama sekali untuk melakukan hal-hal yang lain," kata Sandiaga melalui video yang diterima detikcom, Minggu (19/12).

Sandiaga mengatakan dirinya selalu memuliakan ulama. Dia menekankan, ulama merupakan panutannya.

"Tentunya saya selalu memuliakan ulama. Ulama itu waratsatul anbiya. Ulama itu adalah panutan saya dan kami sangat memuliakan dan panutan dari ulama-ulama," tuturnya.

Politikus Gerindra itu lagi-lagi membantah merekayasa dukungan ijtima ulama terhadap dirinya untuk Pilpres 2024. Dia meminta semua pihak tidak terpecah belah karena isu Pilpres 2024.

"Itu tanggapan saya. Saya fokus di Kemenparekraf. Saya yakin saat ini adalah saat yang paling penting kita bersatu padu. Jangan sampai kita terpecah belah, apalagi kalau ada isu politik yang masih sangat jauh. Dari sekarang, fokus saya adalah kebangkitan pariwisata Indonesia," papar Sandiaga.

Simak selengkapnya Gerindra turun tangan di halaman berikutnya.

Saksikan Video 'Panas Kamrussamad-Sandiaga soal Ijtima Ulama, Dasco: Kami Selesaikan':

[Gambas:Video 20detik]