Pemkab Kediri Mulai Jalankan Vaksinasi Anak, Sasar 143 Ribu Orang

Yudistira Imandiar - detikNews
Senin, 20 Des 2021 21:06 WIB
Pemkab Kediri Mulai Jalankan Vaksinasi untuk Anak 6-11 Tahun
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramono membuka vaksinasi perdana anak usia 6-11 tahun di Madrasas Ibtidaiyah Negerti (MIN) 2 Kediri, Senin (20/12). Dia menjelaskan vaksinasi siswa sekolah dasar ini sangat penting untuk menunjang Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

"Karena kita sudah memulai PTM, maka vaksinasi untuk siswa SD ini menjadi sangat krusial. Hari ini MIN 2 salah satu titik pertama yang kita lakukan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun," ungkap Dhito sapaan akrabnya dalam keterangan tertulis, Senin (20/12/2021).

Adapun sasaran vaksinasi kalangan pelajar SD di Kabupaten Kediri sebanyak 143 ribu orang. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri Akhmad Khotib menerangkan vaksinasi ini akan dilakukan bertahap karena seiring dengan berjalannya program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS).

"Untuk anak yang sudah mendapatkan suntikan dari program BIAS kurang dari dua minggu maka vaksinasi COVID-19 nya kita tunda," jelas Khotib.

Ditanya mengenai timbulnya gejala Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang ditemukan di beberapa daerah akhir-akhir ini, Khotib menjelaskan petugas dari Dinkes akan segera memeriksanya.

"Petugas kita akan langsung turun memeriksa dan menangani. Kalau memang butuh rumah sakit kita rujuk ke rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten Kediri," tutur Khotib.

Sebagai informasi, capaian vakinasi Kabupaten Kediri per 20 Desember ini Kabupaten Kediri mencapai angka 72,36% untuk dosis pertama. Sedangkan untuk lansia mencapai 65,76%.

(akd/ega)