Pemerintah Siapkan Bandara Juanda Jadi Pintu Masuk Baru Perjalanan dari LN

Indra Komara - detikNews
Senin, 20 Des 2021 16:58 WIB
bandara international juanda
Bandara International Juanda
Jakarta -

Pemerintah tengah menyiapkan tempat karantina baru untuk pelaku perjalanan luar negeri (PPLN). Termasuk Bandara Internasional Juanda, Surabaya, yang akan disiapkan sebagai pintu masuk ke RI bagi PPLN.

"Untuk mengantisipasi melonjaknya PPLN yang tiba di Indonesia, pemerintah juga akan menyiapkan tempat-tempat atau wisma karantina baru agar menjaga agar kondisi kepulangan mereka tetap kondusif dan sesuai protokol yang ada," ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B Pandjaitan dalam jumpa pers, Senin (20/12/2021).

"Pemerintah juga sedang menyiapkan dan ini Jenderal Hariyanto Kepala BNPB sedang menyiapkan kesiapan Bandara Juanda sebagai pintu masuk baru bagi PPLN yang akan pulang ke Tanah Air," sambung Luhut.

Dia meminta masyarakat bekerja sama mengantisipasi lonjakan Corona. Luhut juga mengingatkan semua pihak untuk tidak mengarang informasi yang belum valid kebenarannya.

"Kami sudah minta Polda Metro melakukan razia di lapangan terbang Soekarno-Hatta yang ternyata banyak yang membuat sebaran video itu banyak yang belanja ke luar negeri, shopping tak mau karantina di hotel. Padahal bisa. Dia minta dia dikarantina di Wisma Atlet karena gratis, ini akan kita ambil tindakan orang-orang yang melakukan hal semacam ini," kata Luhut.

(idn/tor)