Polri Ungkap Alasan Kapolres Padang Pariaman-Wakapolresta Padang Dicopot

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Minggu, 19 Des 2021 13:19 WIB
Ilustrasi Gedung Mabes Polri di Jakarta
Gedung Mabes Polri. (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Kapolres Padang Pariaman AKBP Dian Nugraha dan Wakapolresta Padang AKBP Harid Hadis dicopot dari jabatannya oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Lalu, apa alasan Kapolri mencopot jabatan keduanya?

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan menerangkan keduanya dicopot lantaran kurang optimal sewaktu bertugas.

"Terkait dengan mutasi tersebut, karena yang bersangkutan dinilai kurang optimal dalam menjalankan tugas," tegas Ramadhan saat dikonfirmasi, Minggu (19/12/2021).

Menambahkan, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono menyebut mutasi jabatan di jajaran Polri merupakan suatu hal wajar. Keduanya dimutasi dalam rangka pembinaan karier.

"Mutasi merupakan hal yang dinamis dalam institusi Polri, sebagai bagian dari pembinaan karier personel Polri dan sekaligus untuk dapat menjawab tantangan tugas ke depan yang semakin kompleks," jawab Rusdi.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mencopot AKBP Dian Nugraha dari jabatan Kapolres Padang Pariaman karena dugaan pelanggaran. Sigit juga mencopot AKBP Haris Hadis dari jabatan Wakapolresta Padang untuk dievaluasi.

Mutasi keduanya tertera dalam Surat Telegram Kapolri nomor ST/2570/XII/KEP./2021. Surat tersebut diteken oleh AS SDM Kapolri Irjen Wahyu Widada pada Jumat (17/12/2021).

"AKBP Haris Hadis Wakapolresta Padang Polda Sumbar dimutasikan sebagai Pamen Polda Sumbar (dalam rangka evaluasi jabatan)," demikian poin delapan surat telegram Kapolri tersebut seperti dilihat, Sabtu (18/12/2021).

Jabatan yang ditinggalkan Haris bakal diisi oleh AKBP Yessi Kurniati. Yessi saat ini menjabat Wadirpamobvit Polda Sumbar.

"AKBP Dian Nugraha HBWPS Kapolres Padang Pariaman Polda Sumbar dimutasikan sebagai Pamen Polda Sumbar dalam rangka evaluasi jabatan," tulis surat itu.

Posisi Dian bakal digantikan AKBP Mohamad Qori Oktohandoko. Qori saat ini bertugas sebagai Kasubdit IV Ditreskrimsus Polda Sumbar.

Simak juga Video: 9 Kapolres Jabodetabek Dimutasi, Ini Daftarnya

[Gambas:Video 20detik]



(rak/dhn)