Lika-liku Penentuan Venue Formula E DKI hingga Diumumkan Pekan Depan

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 19 Des 2021 09:51 WIB
Jumpa Pers Formula E Jakarta.
Jumpa Pers Formula E Jakarta (Nahda/detikcom)
Jakarta -

Lika-liku pergelaran Formula E belum juga tuntas karena lokasi pasti venue belum ditentukan. Lokasi pasti baru akan diumumkan pada 23 Desember mendatang.

Awalnya, lokasi Formula E direncanakan di Monas. Namun, pemakaian Monas menjadi venue Formula E memang menuai pro-kontra sejak awal mula diumumkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 10 September 2019. Penolakan datang dari berbagai pihak dengan pertimbangan utama: ada cagar budaya di kawasan Monas.

Setelah batal diselenggarakan di Monas, penyelenggara dan sejumlah pihak terkait mencari alternatif lokasi untuk ajang internasional ini.

GBK hingga Thamrin

Pemerintah DKI Jakarta bersama Formula E Operations sempat mengkaji lintasan balap lain. Salah satu yang sempat dikaji adalah Jalan Sudirman-MH Thamrin.

"Ya (peninjauan) sedang berlangsung hingga sore ini. Sepanjang Jalan Sudirman dan Thamrin. Sedikit belok ke GBK (Gelora Bung Karno)," ucap Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho saat dihubungi, Jumat (7/2/2020).

Menurut Hari, jalanan tersebut sudah memenuhi syarat untuk penyelenggaraan Formula E. Namun belum layak jika naik kelas ke Formula 1.

"Kriteria lintasan balap kita pakai grade 3, artinya jalan arteri atau protokol kita sudah memenuhi standar FIA (Federasi Otomotif International) untuk Formula E. Kalau yang dipakai Formula 1 itu grade A atau grade 1," ucap Hari.

Simak Video: Sahroni: Ada yang Tidak Suka NasDem 'Kendarai' Formula E

[Gambas:Video 20detik]