Omicron di RI Jadi 3 Kasus, Kemenkes: Jangan Pergi ke Luar Negeri Dulu!

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 18 Des 2021 13:53 WIB
Jakarta -

Setelah terdeteksi satu kasus terkonfirmasi COVID-19 varian Omicron, muncul lagi kabar terbaru ada dua kasus tambahan Omicron masuk dari luar negeri. Kementerian Kesehatan mengimbau warga tidak bepergian ke luar negeri agar tidak membawa virus Omicron sekembali ke Tanah Air.

"Penting sekali bagi kita untuk saling menjaga orang-orang terdekat agar tidak tertular COVID-19, terlebih dengan adanya varian Omicron saat ini. Jadi saya tegaskan kembali agar tidak bepergian ke luar negeri dahulu untuk kebaikan kita bersama," kata juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmidzi, dilansir situs Kemenkes, diakses detikcom Sabtu (18/12/2021).

Siti Nadia Tarmidzi menjelaskan kasus COVID-19 di beberapa negara Eropa, Afrika, dan Amerika sedang melonjak tajam pada saat ini. Omicron sedang menyebar di dunia, daya tularnya lima kali lipat dari varian Delta.

"Indonesia adalah salah satu negara paling aman dari COVID-19. Jika kita ke luar negeri, kita akan keluar dari zona aman menuju zona berbahaya. Jika kembali, nanti akan berpotensi membawa Omicron ke Indonesia dan pastinya akan merusak situasi yang sudah kondusif ini," tutur Nadia.

Pemerintah memprediksi arus balik warga negara Indonesia yang saat ini sudah berada di luar negeri atau yang akan bepergian ke luar negeri dalam seminggu ke depan ini akan mencapai puncaknya di minggu pertama dan kedua Januari seiring dengan berakhirnya liburan Natal dan tahun baru.

Selanjutnya, 2 pasien terkonfirmasi Omicron: