TASPEN dan FEB UGM Kerja Sama Beri Pelatihan untuk Mahasiswa

Jihaan Khoirunnisa - detikNews
Jumat, 17 Des 2021 21:58 WIB
Taspen-UGM
Foto: Dok. Taspen
Jakarta -

PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) atau TASPEN menjalin kerja sama dengan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) dalam Program Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Kecakapan Profesional. Program ini bertujuan untuk memajukan dunia Pendidikan, sekaligus mencerdaskan generasi penerus bangsa.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman oleh Direktur Utama TASPEN, A.N.S Kosasih dan Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM Prof. Dr. Didi Achjari, M.Com., Ak., CA. di Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta hari ini.

"Sebagai bagian dari gerakan BUMN untuk Indonesia, TASPEN berkomitmen untuk selalu berperan aktif dalam membangun karakter generasi penerus bangsa, mendorong majunya dunia pendidikan di tanah air dan membantu pengembangan professional human capital Indonesia. Hal ini kami wujudkan salah satunya melalui penandatanganan nota kesepahaman dengan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada," ujar Direktur Utama TASPEN A.N.S Kosasih, dalam keterangan tertulis, Jumat (17/12/2021).

Kosasih mengatakan sinergi ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing mahasiswa FEB UGM lewat program internship, apprenticeship dan program program pengembangan profesional lainnya. Sehingga para mahasiswa bisa memiliki kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

"TASPEN juga berharap dapat menjalin kerja sama dengan FEB UGM sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia untuk pengembangan professional human capital di TASPEN Group." jelas Kosasih.

"Kami berharap program-program kerja sama ini dapat meningkatkan kualitas human capital TASPEN maupun Civitas Akademika FEB UGM untuk memajukan dunia profesional dan pendidikan di Indonesia," imbuhnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM Prof. Dr. Didi Achjari, M.Com., Ak., CA. Menyambut baik kerja sama dengan TASPEN. Pihaknya berharap, berbagai program-program kerja sama seperti internship, apprenticeship dan pengembangan professional human capital dapat membantu peningkatan kualitas human capital di TASPEN.

"Dan di sisi lain mendongkrak kesempatan bagi para mahasiswa-mahasiswi FEB-UGM untuk memperoleh pengalaman profesional yang bermanfaat untuk memasuki dunia kerja serta membuka kesempatan kerja bagi lulusan-lulusan terbaik FEB UGM untuk berkarya di dunia profesional," jelasnya.

Dia yakin sinergi keduanya juga mampu mendongkrak kualitas sumber daya manusia Indonesia. Utamanya di era ekonomi digital seperti saat ini.

"Melalui kerjasama ini, FEB UGM yakin dapat membantu peningkatan kualitas profesional Insan TASPEN dalam melaksanakan proses bisnis yang bertumbuh dan berkelanjutan di era yang penuh persaingan dan ketidak-pastian ini," tutur Didi.

Melalui nota kesepahaman ini, TASPEN dan Universitas Gajah Mada menyepakati sinergi kerjasama dalam bentuk program internship dan apprenticeship, terutama dalam bidang sumber daya manusia. Melalui kerjasama ini, Universitas Gadjah Mada juga memiliki kesempatan dalam memberikan referensi dan pelatihan berbasis pengetahuan kepada Insan TASPEN guna meningkatkan kemampuan Insan TASPEN dalam proses bisnis secara berkelanjutan.

Penyerahan Tabungan Hari Tua

Di tempat terpisah, TASPEN juga menyerahkan manfaat Tabungan Hari Tua (THT) dan Smartcard kepada Duta Besar Indonesia untuk Ukraina periode 2017 - 2021, Yuddy Chrisnandi. Tabungan tersebut diserahkan langsung oleh Direktur Utama TASPEN A.N.S Kosasih di Jakarta pada pekan lalu (10/12). Adapun pemberian tabungan hari tua ini sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi Yuddy kepada Indonesia.

"Penyerahan manfaat Tabungan Hari Tua dan smartcard ini merupakan wujud aktif komitmen TASPEN untuk selalu andal melayani peserta sesuai motto TASPEN, di mana setiap ASN atau Pejabat Negara yang memasuki masa purna tugas, maka TASPEN akan segera berkoordinasi dengan instansi peserta untuk melakukan pengurusan hak-hak peserta," ujar Kosasih.

Sementara itu, Duta Besar Indonesia untuk Ukraina periode 2017-2021, Yuddy Chrisnandi menyampaikan terima kasih kepada TASPEN atas pemberian manfaat THT.

"Rasa terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kami ucapkan kepada TASPEN karena telah memberikan layanan yang luar biasa dan proaktif, sehingga kami sebagai peserta merasa sangat dihargai pengabdiannya melalui layanan TASPEN ini," tandasnya.

(akn/ega)