Pria Bawa Kabur Motor Saat Test Drive Tertangkap Berkat Fitur Live Location

Nahda Rizki Utami - detikNews
Jumat, 17 Des 2021 10:31 WIB
Ilustrasi Pencurian Moto
Ilustrasi pencurian motor (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Pria berinisial DAP alias J (18) ditangkap polisi setelah membawa kabur motor sport milik korban. DAP mencuri motor dengan berpura-pura mau test drive.

Kasat Reskrim Polres Metro Depok AKBP Yogen Heros Baruno mengatakan pelaku awalnya mengajak transaksi COD (cash on delivery) dengan korban. Pelaku kemudian mengirimkan posisinya melalui fitur share live location via WhatsApp ke korban.

Mereka kemudian bertemu di Tajurhalang, Depok, pada Jumat (10/12). Namun, ketika saat test drive, pelaku membawa kabur motor dan tidak kembali.

Yogen mengatakan pelaku ditangkap di Fatmawati, Jaksel. Pelaku terdeteksi berkat fitur share live location.

"Jadi dia (J dengan korban) COD. Dia (J) bawa terdeteksi di sana melalui live WhatsApp di sana. Sama-sama kita amankan di sana," kata Yogen, Jumat (18/12/2021).

Modus Test Drive

Yogen mengatakan J berhasil membawa kabur motor korban pada Jumat (10/12). J membawa kabur motor korban dengan modus test drive setelah berpura-pura mengajak korban untuk transaksi cash on delivery (COD).

"Kasus dengan modus pembelian sepeda motor dengan cara COD. Kemudian, setelah mendapatkan motor tersebut, tersangka mencoba beralasan untuk test drive," jelas Yogen.

"Pada saat test drive, Tersangka melarikan motor tersebut. Kemudian korban mengetahui bahwa motornya telah dilarikan kemudian bekerja sama dengan kita. Terdeteksi motor ada di Fatmawati, Jakarta Selatan," tambahnya.

Yogen juga menjelaskan motif J melakukan aksi itu karena faktor ekonomi dan ingin menguasai motor korban. Sebelumnya, J sepakat membeli motor itu seharga Rp 24,7 juta.

"Ekonomi jadi memang sudah ingin menguasai dari motor tersebut. Harganya Rp 24,7 juta. Motornya Yamaha BK6-R, motor sport ya," imbuh Yogen.

J kini telah ditahan polisi. J dijerat dengan Pasal 378 KUHP tentang penipuan.

Simak juga 'Sakit Hati, Pria di Purwakarta Curi Motor Mantan Mertua yang Disebut Pelit':

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)