Bupati Ajak Perusahaan Salurkan CSR buat Dukung Pembangunan di Kendal

Saktyo Dimas R - detikNews
Kamis, 16 Des 2021 22:00 WIB
Bupati Kendal
Foto: Humas Pemkab Kendal
Kendal -

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal melalui Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Kendal menyelenggarakan CSR Expo Kendal Tahun 2021 di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal hari ini. Ini dimaksudnya agar penyaluran CSR perusahaan di Kendal selaran dengan visi dan misi pembangunan Kendal.

Bupati Kendal Dico M. Ganinduto menyampaikan Pemkab Kendal terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tentunya dengan dukungan dan kolaborasi dari berbagai pihak, baik dari pemerintah, perusahaan, dunia usaha, akademisi, media massa, para komunitas maupun dari masyarakat.

Menurut Dico, peran perusahaan sangatlah penting karena memiliki tanggung jawab sosial atau biasa disebut dengan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai wujud peran dalam dukungan pembangunan daerah.

"Program CSR ini adalah manfaat yang bisa langsung dirasakan masyarakat luas, karena sesuai aturan pemerintah darah Kabupaten Kendal yang selaras dengan program Pemerintah Kabupaten Kendal," kata Dico, Kamis (16/12/2021).

Dico menerangkan setiap perusahaan pasti memiliki program masing-masing, tetapi pada pertemuan ini untuk menyatukan visi misi semua perusahaan.

"Acara ini untuk menyatukan menyatukan visi misinya semua perusahaan, agar para perusahaan dapat mengetahui arah kebijakan pembangunan Kabupaten Kendal, sehingga diharapkan pada tahun 2022 dapat direalisasikan sebagai wujud sinergitas dalam mewujudkan peningkatan pembangunan dan kesejahteraan bagi masyarakat Kabupaten Kendal," terangnya.

Dalam Kesempatan itu, Ketua Dekranasda Kabupaten Kendal, Wynne Frederica memaparkan beberapa program yang saat sedang digalakkan di Kabupaten Kendal, yaitu program pencegahan stunting, mengatasi urusan persampahan, pengembangan UMKM dan Industri Kecil, dan adanya Gedung Dekranasda di Kabupaten Kendal.

Dalam kesempatan itu, Wakil Ketua Umum tim Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TPS) pimpinan Bank Jateng Cabang Kendal, Djoko Salbiyanto memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Kendal yang sudah mengadakan acara CSR Exspo.

"Kami sangat mengapresiasi dan merasa senang, karena Pemkab Kendal telah menginisiasi kegiatan seperti ini, sebagai temu usaha dan ajang silaturahmi antara Pimpinan Daerah dan Pimpinan Perusahaan bersama-sama bersinergitas dalam mengisi pembangunan di Kabupaten Kendal," kata Djoko.

Djoko menjelaskan pada pelaksanaan program kegiatan CSR 3 tahun terakhir yang sudah berjalan melaui berbagai kegiatan di Kabupaten Kendal, yaitu pada tahun 2018 sebanyak Rp 7.907.393.330, tahun 2019 Rp 5.303.353.242, tahun 2020 Rp 41.581.316.425, dan di tahun 2021 baru beberapa perusahaan sudah melaporkan dengan total Rp 2.678.849.236.

Sehingga jumlah total dari CSR yang disalurkan masih menunggu laporan dari perusahaan lainnya paling lambat tiga bulan ke depan, tepatnya di bulan Maret 2022.

Djoko juga menerangkan dalam menjalankan tugas selaku Tim TSP Kendal, masih banyak kekurangan dan belum optimal dalam mengakomodir semua permohonan dari masyarakat, kelompok, organisai yang mengajukan dokumen perhononan pembiayaan dana dari CSR.

Hal itu dikarenakan perusahaan mempunyai kebijakan sendiri dalam pelaksanaan tanggung jawab sosial, sehingga program yang dllaksanakan oleh perusahaan belum selaras dengan program pemerintah daerah.

"Kami meyakini juga bahwa perusahaan sudah melaksanakan kewajiban tanggung jawabnya dalam melaksanakan CSR, walaupun masih sebatas di lingkungan usahanya," ujarnya.

"Namun kami juga berharap ke depan, pelaksanaan CSR di Kabupaten Kendal bisa menjangkau lebih luas dan meningkat, serta selaras dengan program pemerintah daerah yang mendukung visi misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Kendal, yaitu 'Kendal Handal, Unggul, Makmur dan Berkeadilan'," terangnya.

Sebagai informasi, acara dihadiri oleh Bupati Kendal, Dico M. Ganinduto, Ketua Dekranasda Kendal, Wynne Frederica, para Kepala OPD, dan diikuti oleh pimpinan perusahaan, baik dari BUMN, BUMD dan perusahaan lainnya yang ada di Kabupaten Kendal. Usai acara kegiatan, dilanjutkan dengan peninjauan stand-stand CSR Expo oleh Bupati Kendal dan Ketua Dekranasda Kendal.

(ncm/ega)