Harimau yang Mangsa Anjing Warga di Padang Lawas Sumut Dievakuasi BKSDA

Ahmad Arfah Fansuri Lubis - detikNews
Kamis, 16 Des 2021 18:00 WIB
Harimau Sumatera yang ditangkap di Padang Lawas
Harimau Sumatera yang ditangkap di Padang Lawas (Foto: dok BKSDA Sumut)
Padang Lawas -

Seekor harimau sumatera di Padang Lawas, Sumatera Utara (Sumut), ditangkap. Harimau tersebut masuk perangkap yang dipasang tim BKSDA Sumut.

"Setelah 1 bulan lebih penanganan konflik warga Kabupaten Padang Lawas dengan harimau sumatera, akhirnya menemukan titik terang dengan masuknya si raja hutan ke dalam perangkap jebak yang dipasang," kata Plt Kepala BKSDA Sumut Irsal Azhar, kepada wartawan, Kamis (16/12/2021).

Irsal mengatakan penangkapan harimau ini bermula dari adanya anjing warga yang dimangsa. Dari peristiwa itu, ditemukan jejak keberadaan harimau.

"Perjalanan panjang penanganan konflik ini mulai menunjukkan titik terang ketika pada Senin (13/12), 2 ekor anjing peliharaan warga Desa Siundol Julu milik Gongma Tua Hasibuan ditemukan mati diduga korban harimau sumatera, karena di sekitar lokasi ditemukan jejak harimau," ujar Irsal.

Irsal menyebut harimau ini ditangkap usai pihaknya memasang tiga perangkap di tiga tempat. Harimau masuk perangkap ketiga pada hari ini.

"Kandang jebak ini merupakan kandang jebak ketiga setelah sebelumnya dipasang di 2 desa, masing-masing Desa Hutabargot pada 28 November dan Desa Pagaranbira Jae pada 30 November," ucapnya.

Harimau sumatera ini lalu dibawa untuk pemeriksaan kesehatan. Tim BKSDA akan kembali melepas harimau ini ke habitat aslinya.

"Selanjutnya tim melakukan evakuasi terhadap harimau sumatera yang terperangkap tersebut ke Sanctuary Harimau Sumatera Barumun di Desa Batu Nanggar untuk dilakukan tindakan pemeriksaan kesehatan, perawatan serta proses rehabilitasi sebelum nantinya dilepasliarkan kembali ke habitat alaminya," imbuhnya.

(afb/fas)