Kapolri Ingatkan Patuhi Prokes Saat Nataru demi Cegah Lonjakan COVID

Ajis Khalid - detikNews
Kamis, 16 Des 2021 16:59 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Foto: Istimewa)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Dok. Istimewa)
Gorontalo -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengingatkan warga untuk mematuhi protokol kesehatan dan aturan yang ada selama perayaan Natal dan tahun baru. Hal ini untuk mencegah lonjakan kasus COVID-19 seperti yang terjadi pada Natal dan tahun baru 2020 lalu.

"Kita akan masuk pada Nataru tentunya banyak kegiatan keagamaan dan kegiatan akhir tahun, tolong ikuti aturan yang sudah dikeluarkan sehingga kita bisa melewati akhir tahun ini tanpa ada lonjakan seperti tahun lalu hampir dua kali lipat terjadi lonjakan. Maka kita jaga bersama dan ini adalah pertaruhan kita," kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di halaman Mapolda Gorontalo, Kamis (16/12/2021).

Kapolri mengatakan hari ini vaksinasi serentak dilakukan di 34 provinsi, dengan harapan vaksinasi di angka 800 ribu sampai 1 juta. Presiden meminta seluruh wilayah terus meningkatkan berbagai strategi untuk melakukan vaksinasi dengan harapan akhir Desember ini semuanya mencapai 70 persen.

"Kita harapkan dalam kurun waktu ke depan sampai dengan minggu terakhir, kita betul-betul, bisa mencapai target 70 persen. Sebagaimana menjadi target Pak Presiden, agar betul-betul terbentuk kekebalan komunitas yang diharapkan," kata Sigit.

Dia jelaskan, akselerasi vaksinasi dalam rangka pencapaian target kekebalan komunal menjadi sangat penting dalam hal pengendalian pandemi COVID-19.

"Ini sangat penting karena kita tahu saat ini muncul varian baru kurang lebih 72 negara saat ini sudah terjangkit varian baru Omicron sehingga mau tidak mau salah satu yang harus kita lakukan adalah bagaimana akselerasi vaksinasi, khususnya terhadap masyarakat yang belum sempat," kata Sigit mengingatkan.

Kapolri menambahkan, apresiasi kepada Provinsi Gorontalo capaian vaksinasi di Provinsi Gorontalo bisa tembus di atas 70 persen. Semua ini atas kerja keras gubernur, kapolda, danrem, dan seluruh pimpinan daerah di Gorontalo.

(nvl/nvl)