ADVERTISEMENT

Erupsi Gunung Semeru 4 Desember 2021, Ini Kondisi-Jumlah Korban Terbaru

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 16 Des 2021 11:43 WIB
Gunung Semeru kembali mengalami erupsi, Kamis (16/12/2021). Gunung tertinggi di Pulau Jawa ini meluncurkan awan panas guguran atau APG yang cukup besar. Warga yang berada di dekat lokasi panik. Mereka diperintahkan menjauh.
Erupsi Gunung Semeru 4 Desember 2021, Ini Kondisi-Jumlah Korban Terbaru - erupsi Semeru hari ini (16/12) (Foto: M Rofiq/detikcom)
Jakarta -

Erupsi Gunung Semeru 4 Desember 2021 mengakibatkan sejumlah korban luka dan meninggal. Posko Tanggap Darurat melaporkan perkembangan penanganan bencana dari erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur.

Simak informasi mengenai Erupsi Gunung Semeru 4 Desember 2021 yang sudah kami rangkum di bawah ini.

Erupsi Gunung Semeru 4 Desember 2021: Jumlah Korban Luka dan Meninggal

Korban tewas karena erupsi Gunung Semeru semakin bertambah. Berdasarkan data dari Posko Tanggap Darurat per 13 Desember 2021, tercatat ada 48 orang korban meninggal dunia.

Selain itu, 18 orang menderita luka berat akibat erupsi Gunung Semeru. Rata-rata korban mengalami luka bakar akibat terkena guguran lahar. Sementara itu, 12 orang menderita luka ringan.

Erupsi Gunung Semeru 4 Desember 2021: Kondisi Pengungsi

Berdasarkan data dari BNPB, tercatat ada 9.977 orang yang mengungsi karena erupsi Gunung Semeru. Para pengungsi ini tersebar di 148 titik pengungsian di Kabupaten Lumajang.

Selain itu, lebih dari 2.900 Keluarga korban erupsi Gunung Semeru akan direlokasi. Relokasi jadi salah satu penanganan yang harus diprioritaskan, karena warga yang terdampak tidak bisa selamanya tinggal di posko pengungsian.

Relokasi akan dilakukan di lahan Perhutani. Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan pihaknya telah mengirim surat ke Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dan Perhutani.

"Relokasi sudah diputuskan di Desa Sumber Mujur dan Oro-Oro Ombo. Dua desa ini yang kami usulkan ke Menteri LHK dan Perhutani," kata Thoriq kepada detikcom di Surabaya, Selasa (14/12/2021).

Erupsi Gunung Semeru 4 Desember 2021: Pencarian Korban Hilang

Operasi pencarian korban hilang erupsi Semeru diperpanjang hingga 17 Desember 2021. Pencarian terus dilakukan untuk menemukan dan mengevakuasi korban yang masih belum ditemukan di daerah daerah yang diindikasikan masih terdapat korban hilang akibat erupsi gunung Semeru.

Dalam operasi pencarian tersebut, ratusan personel tim SAR gabungan akan dibagi menjadi 3 search rescue unit (SRU) dan akan melakukan pencarian korban hilang di 5 titik yakni:

  1. Kawasan Kajar Kuning
  2. Sungai Curah Kobokan
  3. Kawasan Kebondeli utara
  4. Kampung Renteng
  5. Lokasi pertambangan pasir.

Informasi erupsi Gunung Semeru 4 Desember 2021 juga dapat dilihat di halaman selanjutnya.

Simak Video 'Penampakan Gunung Semeru Erupsi Lagi, Warga di 3 Dusun Dievakuasi!':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT