Jokowi di OGP: Digitalisasi Akan Kurangi Potensi Korupsi-Penyelewengan

Dwi Andayani - detikNews
Kamis, 16 Des 2021 00:35 WIB
Presiden Jokowi
Foto: Presiden Jokowi (Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Open Government Partnership (OGP) secara virtual. Pada kesempatan tersebut Jokowi menyampaikan terkait kepercayaan publik hingga transformasi digital.

"Prinsip keterbukaan, akuntabilitas, transparansi dan inklusifitas menjadi sebuah keniscayaan dalam mengelola pemerintahan. Di masa pandemi ini prinsip tersebut bahkan menjadi sangat esensial, memastikan kebijakan anggaran dan bantuan sosial tepat sasaran, memberikan layanan publik yang inklusif, menangani disinformasi dan hoax, intinya kepercayaan publik adalah kuncinya. Trusted government sangat penting agar pemerintahan efektif," ujar Jokowi, Rabu (15/12/2021).

Jokowi mengatakan Indonesia saat ini mengembangkan kanal aduan terpadu yang terhubung lebih dari 600 lembaga. Kanal ini disebut telah melayani lebih dari 1 juta aspirasi dan aduan.

"Terkait hal ini saya ingin menyampaikan dua hal, pertama partisipasi publik perlu terus diperkuat di Indonesia kami telah kembangkan kanal aduan terpadu yaitu LAPOR, yang terhubung dengan lebih dari 600 lembaga pemerintah di pusat dan daerah. Sejak tahun 2015 LAPOR telah melayani lebih dari 1 juta aspirasi dan aduan masyarakat," tuturnya.

Selain itu, Jokowi juga menyampaikan terkait inovasi digital dengan digitalisasi pelayanan publik. Digitalisasi ini dinilai dapat meningkatkan efisiensi hingga mengurangi potensi adanya korupsi.

"Kedua inovasi digital yang inklusif harus diperkokoh, transformasi digital harus dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Digitalisasi pelayanan publik akan berdampak pada meningkatnya efisiensi, efektifitas dan akuntabilitas," ujar Jokowi.

"Digitalisasi akan mengurangi potensi korupsi, penyelewengan dan di masa pandemi saat ini terjadi akselerasi, transformasi digital di sektor ekonomi," sambungnya.

Jokowi lantas berterimakasi terkait penghargaan yang diberikan OGP. Salah satunya terkait inovasi digital untuk pengadaan barang dan jasa pemrintah.

"Terimakasi atas penghargaan yang telah diberikan OGP atas berbagai inovasi digital di Indonesia. Diantaranya inovasi digital untuk barang dan jasa pemerintah melalui portal open tender," imbuhnya.

Simak Video 'Jokowi: Kepercayaan Publik, Kunci Agar Pemerintahan Efektif':

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/mae)