ADVERTISEMENT

Sidang Munarman

Munarman Cantumkan Foto Jokowi-Firli Bahuri Saat Aksi 212 2016 di Eksepsi

Zunita Putri - detikNews
Rabu, 15 Des 2021 14:46 WIB
Munarman pajang foto pejabat di eksepsi atau nota keberatannya
Munarman memajang foto pejabat di eksepsi atau nota keberatannya. (Zunita/detikcom)
Jakarta -

Mantan Sekretaris Umum (Sekum) FPI Munarman mencantumkan foto sejumlah tokoh, seperti Presiden Jokowi, Ketua KPK Firli Bahuri, dan Mendagri Tito Karnavian di nota keberatan atau eksepsinya. Foto-foto itu momen saat para pejabat hadir di aksi 212 pada 2016. Munarman mengatakan foto itu sebagai bukti dirinya bukan teroris.

Awalnya Munarman mengatakan pernah menjadi korlap aksi 212 pada 2016. Aksi itu, kata Munarman, dihadiri oleh sejumlah pejabat, antara lain Presiden Joko Widodo, Jusuf Kalla, yang saat itu menjadi wapres, dan lainnya.

Munarman menyebut aksi itu berlangsung aman. Menurutnya, jika dia teroris, acara tersebut berlangsung horor serta pejabat yang hadir saat itu sudah tiada.

"Sekali lagi, kalau tuduhan terhadap saya sebagai intelektual atau merencanakan atau menggerakkan orang, atau menyuruh orang, atau membujuk orang atau berencana atau mempersiapkan, atau bermufakat jahat, atau mencoba atau membantu untuk melakukan tindakan terorisme, tentunya kesempatan pada saat acara 2 Desember 2016 tersebut akan menjadi kesempatan emas untuk melakukan tindakan terorisme. Karena sekali lagi, hampir seluruh pejabat tinggi negara ini ikut hadir di Monas dalam acara yang digelar pada tanggal 2 Desember 2016 tersebut. Dan semua pejabat tinggi tersebut ada dalam jangkauan saya," kata Munarman saat membaca eksepsinya di PN Jaktim, Rabu (15/12/2021).

Kemudian Munarman menampilkan sejumlah foto pejabat yang hadir di aksi 212. Di sana terlihat ada Presiden Joko Widodo, Jusuf Kalla yang saat itu wapres, Wiranto saat itu Menko Polhukam, Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo saat itu Panglima TNI, Jenderal Tito Karnavian saat itu Kapolri, Kepala BNPT Komjen Boy Rafli, dan Firli Bahuri yang saat itu menjadi Karo Dalops As Ops Polri.

Munarman pajang foto pejabat di eksepsi atau nota keberatannyaMunarman pajang foto pejabat di eksepsi atau nota keberatannya (Foto: Zunita/detikcom)

Dalam foto itu, terlihat Munarman foto bersama Tito Karnavian dan Firli Bahuri. Rangkaian foto peristiwa itu dicantumkan di eksepsi Munarman yang diserahkan ke majelis hakim dan jaksa.

"Ternyata Ketua KPK terpilih Irjen Firli dulu jadi idola saat aksi 212. Ada di atas mobil komando yang menggunakan sorban merah itu saya, di depannya itu," kata Munarman.

Atas dasar hal itu, Munarman dalam eksepsinya meminta majelis hakim membebaskan dia dari dakwaan jaksa terkait kasus terorisme. Munarman menilai dakwaan jaksa tidak jelas dan tidak cermat.

"Berdasarkan uraian di atas, maka saya memohon agar Yang Mulia berkenan memeriksa, mengadili, dan menjatuhkan putusan sela: menerima nota keberatan saya seluruhnya, menyatakan penangkapan saya tidak sah, memerintahkan jaksa penuntut untuk melepaskan saya," kata Munarman.

Simak Video 'Eksepsi Munarman: Kalau Saya Teroris, Presiden-Wapres sudah ke Alam Lain':

[Gambas:Video 20detik]



(zap/eva)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT