Haji Lulung Meninggal Dunia, Begini Ungkapan Duka Para Tokoh

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 15 Des 2021 13:30 WIB
Haji Lulung meninggal dunia memberikan duka mendalam tak hanya bagi keluarga, tetapi juga orang-orang terdekatnya. Bagaimana ucapan belasungkawa dari para tokoh?
Haji Lulung Meninggal Dunia, Begini Ungkapan Duka Para Tokoh (Foto: Adhyasta Dirgantara/detikcom)
Jakarta -

Haji Lulung meninggal dunia memberikan duka mendalam tak hanya bagi keluarga, tetapi juga orang-orang terdekatnya. Haji Lulung atau Abraham Lunggana yang merupakan ketua DPW PPP DKI Jakarta itu meninggal pada Selasa (14/12/2021).

Ungkapan bela sungkawa pun datang dari banyak pihak, tak terkecuali para tokoh politik. Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui kabar lebih lanjut.

Haji Lulung Meninggal Dunia: Ketum PAN Doakan Haji Lulung

Ketua umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) turut menunjukkan rasa dukacita atas meninggalnya Haji Lulung. Zulhas mendoakan Haji Lulung lapang kuburnya. Dia juga mengenang sedikit memori yang membekas ketika membesuk Haji Lulung saat dirawat.

"Beberapa waktu lalu saya bersama Ketua DPW PAN DKI Eko Patrio sempat menjenguk Haji Lulung di RS Harapan Kita. Saat itu beliau baru siuman dari koma. Sempat cukup bahagia karena Haji Lulung sudah bisa mengenali saya dan merespons dengan ucapan terima kasih," kata Zulhas.


Haji Lulung Meninggal Dunia: Anies Sampaikan Dukacita

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juuga mengungkapkan dukacita atas meninggalnya Haji Lulung selepas mengikuti sholat jenazah yang digelar di Masjid Al-Anwar, Jakarta Barat kemarin.

"Innaillahi wa innailaihi rajiun, di hadapan kita terbujur jenazah pribadi mulia yang hidupnya digunakan untuk memikirkan umat memperjuangkan umat, bergerak di jalan yang benar, insyaallah khalayakan. Yang kita sama-sama hormati Haji Lulung Abraham Lunggana meninggal dalam keadaan husnulkhatimah," kata Anies Baswedan kepada wartawan di Masjid Al-Anwar, Sukabumi Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (14/12).

Anies mengenang Haji Lulung sebagai sosok putra Betawi terbaik. Dia menyebut almarhum Haji Lulung semasa hidupnya telah banyak menghibahkan waktu maupun energi untuk masyarakat Jakarta.

"Kami Jakarta merasa kehilangan telah berpulang salah seorang putra Betawi terbaik yang selama ini menghibahkan waktunya, energinya, sumber dayanya untuk kemajuan bagi masyarakat Jakarta. Bukan hanya sebagai ketua bamus tetapi anggota DPR RI, tokoh di masyarakat, tokoh lingkungan yang semua kita hormati," ucapnya.

Anies juga sebut Haji Lulung sebagai sosok pembelajar yang baik bagi warga DKI Jakarta.

"Insyaallah ilmu yang beliau tularkan kepada semua itu semua akan mengalir pada pahala yang mengalir tiada hentinya oleh yang bersangkutan," tutur Anies.

"Insyaallah dia akan ditinggikan derajatnya oleh Allah SWT, dilapangkan kuburnya, dimuliakan derajatnya dan ditempatkan di jannah-nya yang paling tinggi," sambungnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta hingga Ahok juga berbelasungkawa atas Haji Lulung meninggal dunia. Simak halaman selanjutnya.