Viral Polantas Lewati Korban Kecelakaan, Dirlantas Polda Sulsel Minta Maaf

Hermawan Mappiwali - detikNews
Rabu, 15 Des 2021 12:09 WIB
Tangkapan layar video viral mobil Polantas hanya lewat saat korban kecelakaan terkapar di jalanan di Bulukumba, Sulsel. (dok. Istimewa)
Tangkapan layar video viral mobil Polantas hanya lewat saat korban kecelakaan terkapar di jalanan di Bulukumba, Sulsel. (dok. Istimewa)
Makassar - Ditlantas Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) meminta maaf atas kejadian viral mobil Polantas hanya lewat saat korban kecelakaan (laka) lalu lintas terkapar di jalanan di Kabupaten Bulukumba. Apa pun alasannya, mobil Polantas tersebut seharusnya memberi pertolongan kepada warga.

"Saya menyampaikan permohonan maaf atas kejadian tersebut kepada keluarga korban dan masyarakat," kata Dirlantas Polda Sulsel Kombes Frans Santoe kepada detikcom, Rabu (15/12/2021).

Frans mengungkapkan, tak sepatutnya oknum Polantas yang mengendarai mobil PJR itu hanya lewat saat ada korban laka lantas terkapar di jalanan.

"Semoga kejadian tersebut tidak terulang kembali karena, apa pun alasannya, sebagai anggota Polri, khususnya Polantas, bila melihat ada korban, menjadi kewajiban untuk membantu korban laka lantas," tuturnya.

Oknum Polantas yang hanya lewat saat korban laka lantas terkapar itu kini tengah diperiksa Propam.

"Oknum tersebut sudah kami tegur dan tindak," tegasnya.

Sebelumnya diberitakan, viral di media sosial mobil PJR hanya melintas saat ada korban tabrak lari terkapar di tengah jalan. Peristiwa itu terjadi di jalan poros Kabupaten Bulukumba-Sinjai, Kecamatan Bulukumba, pada Sabtu (11/12). Terdengar dalam video suara warga histeris akibat insiden tabrak lari tersebut.

Video yang direkam dari ketinggian itu juga merekam bunyi mobil Polantas sehingga warga sempat mengira polisi tersebut akan memberi pertolongan. Namun, tanpa disangka warga, mobil patroli tersebut hanya lewat persis di samping korban tabrak lari yang sedang tergeletak di jalanan.

Kasat Lantas Polres Bulukumba AKP Andika membenarkan video viral tersebut. Tapi dia meluruskan duduk perkaranya, dengan mengatakan mobil Polantas yang lewat seperti di dalam video viral tersebut bukanlah milik Polres Bulukumba.

"Mobil patrolinya pertama itu bukan mobil dari Polres Bulukumba. Jadi saya tidak bisa jelaskan banyak kronologi mobil Patwalnya (kenapa cuma numpang lewat)," ungkap AKP Andika saat dimintai konfirmasi detikcom, Rabu (15/12).

Menurut Andika, informasi yang dia peroleh, mobil Polantas tersebut merupakan mobil PJR Polda Sulsel. Mobil Polantas itu sedang buru-buru saat melintasi jalan tempat korban kecelakaan lalu lintas terkapar.

"Kemarin informasinya dia terburu-buru karena ada pengawalan lain yang mau digantikan, akhirnya dia buru-buru," katanya.

Simak Video 'Heboh Mobil Polantas di Sulsel Cuek Saat Korban Tabrak Lari Terkapar':

[Gambas:Video 20detik]



(nvl/jbr)