ADVERTISEMENT

Fasilitasi Balap Liar, Kapolda Metro Ajak Joki Motor Diskusi

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Rabu, 15 Des 2021 12:08 WIB
Polisi memukul mundur massa Pemuda Pancasila (PP) yang demo di depan gedung DPR, Jakarta. Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran hadir ke lokasi.
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menyatakan keseriusannya memfasilitasi pembalap liar. Dalam waktu dekat, Fadil akan mengadakan diskusi dengan mengundang joki hingga bengkel yang kerap menggelar balap liar di jalanan.

"Minggu ini saya akan mengadakan diskusi santai bersama pihak eksternal terkait dengan rencana Polda Metro Jaya untuk memfasilitasi balap liar," kata Fadil melalui akun Instagramnya seperti dilihat detikcom, Rabu (15/12/2021).

"Saya bersama rekan-rekan di Polda Metro Jaya ingin mengundang yang passion-nya balapan atau suka nonton balap dari joki, mekanik, atau yang punya bengkel," imbuhnya.

Fadil berujar para pembalap liar tidak perlu merasa khawatir atas ajakan diskusi santai tersebut. Dia memastikan bahwa Polda Metro Jaya ingin memfasilitasi para pembalap liar agar dapat menyalurkan bakatnya.

"Nggak usah khawatir, santai saja, ini bukan jebakan seperti yang beredar biar Kapolda punya datanya, nggak. Saya ingin betul-betul memfasilitasi adik-adik saya supaya jiwanya bisa kita selamatkan dan kalau yang punya bakat bisa kita salurkan," terang Fadil.

Fadil berharap akan lahir pembalap baru yang bisa bersaing di ajang balapan bergengsi dengan jalan program ini.

"Mudah-mudahan akan lahir pembalap MotoGP dari event kita ini dari Polda Metro Jaya. (Sirkuit) Mandalika kita sudah punya, tinggal kita cari rider-nya. Gas poooll," ujarnya.

Meski beberapa kali terjadi insiden pengeroyokan polisi karena membubarkan balapan liar, rencana memfasilitasi sirkuit ini tetap teguh.

"Tetap. (Pertimbangannya) untuk keselamatan jiwa dan kenyamanan masyarakat," kata Fadil saat dihubungi.

Sebelumnya, Fadil Imran berencana membuat program untuk pelaku balap liar. Ia akan memfasilitasi 'sirkuit' untuk pembalap liar agar tak balapan di jalanan.

"Di Jakarta insyaallah saya akan buat program untuk menggandeng anak-anak muda yang biasa balapan di jalan," ujar Fadil Imran di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (30/11/2021).

Polda Metro Jaya berencana membuat kegiatan balap bulanan bagi anak muda yang kerap melakukan balap liar jalanan di Jakarta. Polda Metro nantinya akan menyiapkan lokasi khusus untuk ajang balap ini.

"Kita buat semacam sirkuit dengan event bulanan. Jadi tidak perlu dia malam-malam. Kalau perlu kita buat sirkuit malam atau siang. Ditlantas sedang memikirkan di mana lokasinya, " lanjutnya.

(mea/hri)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT