Kemenag Sulsel Imbau Seluruh Kantor Pasang Sepanduk Selamat Natal-Tahun Baru

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
Rabu, 15 Des 2021 09:43 WIB
Surat imbauan Kemenag Sulsel agar kantor di bawahnya memasang sepanduk selamat Natal dan tahun baru. (dok. Istimewa)
Foto: Surat imbauan Kemenag Sulsel agar kantor di bawahnya memasang sepanduk selamat Natal dan tahun baru. (dok. Istimewa)
Makassar -

Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Selatan (Sulsel) mengimbau seluruh kantor yang berada di bawah jajarannya untuk memasang sepanduk ucapan selamat Natal dan tahun baru. Imbauan ini dilakukan untuk menghormati agama lain.

Perintah ini tertuang dalam Surat Kemenag Sulsel nomor: B-9379/Kw.21.1/IIM.00/12/2021 yang bersifat penting. Surat diteken Kepala Kemenag Sulsel Khaeroni di Makassar pada Selasa (14/12) lalu.

Surat ini ditujukan kepada 3 unsur jajaran Kemenag Sulsel yakni; Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/Kota se-Sulsel, Kepala MI, MTs, dan MA se-Sulsel, dan Kepala KUA se-Sulsel.

Humas Kemenag Sulsel, Wardy membenarkan surat edaran itu dan menegaskan tidak ada yang salah dengan surat edaran tersebut.

"Ini kan Kementerian Agama, bukan kementerian agama Islam atau kementerian agama tertentu. Lalu surat ini kan prihalnya imbauan bukan instruksi," kata Wardy saat dimintai konfirmasi wartawan, Rabu (15/12/2021).

Wardy melanjutkan, surat yang bersifat imbauan itu bersifat dinamis, yang artinya boleh dilaksanakan atau tidak dilaksanakan. Dia lalu meminta agar surat edaran tersebut tidak dibesar-besarkan.

"Karena kita sadar ini akan berpolemik setiap akhir tahun dan sesuatu yang dipolemikkan itu bersifat imbauan. Artinya yang mau ikut silahkan yang tidak mau ya tidak apa-apa," terangnya.

Menurut Wardy, imbauan memasang sepanduk selamat Natal dan tahun baru sebagai bentuk menunjukkan nilai-nilai kebangsaan.

"Kementerian Agama intinya semua agama ada. Orang non Muslim saja ketika kita merayakan lebaran mengimbau kepada kalangannya untuk mengucapkan selamat Lebaran, Idul Fitri, Idul Adha dan segala macam. Nilai sosialnya seperti ini," tuturnya.

Berikut isi lengkap surat edaran Kemenag Sulsel yang mengimbau seluruh kantor di bawahnya memasang sepanduk selamat Natal dan tahun baru:

Kepada Yth:
1. Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten/kota Se-Sulawesi Selatan;
2. Kepala MI, MTs dan MA Se-Sulawesi Selatan;
3. Kepala KUA kecamatan Se-Sulawesi Selatan.

Assalamu Alaikum Wr. Wb

Dalam rangka menyambut Hari Raya Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022, dengan ini diimbau kepada Saudara untuk memasang sepanduk ucapan Selamat Natal tahun 2021 dan Tahun Baru 2022 pada satker masing-masing.

Demikian imbauan ini, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terimakasih.

Wassalamu Alaikum Wr. Wb

Simak juga 'Gereja, Mal, Hingga Tempat Wisata Akan Dibatasi Saat Libur Nataru':

[Gambas:Video 20detik]



(nvl/nvl)