detikcom Do Your Magic

detikcom Do Your Magic: Atasi Kabel Menjuntai, Jl Pemuda Rawamangun Bakal Dibuat SJUT

Arief Ikhsanudin - detikNews
Selasa, 14 Des 2021 16:18 WIB
Kabel di trotoar Jl Pemuda Rawamangun, Jakarta Timur telah diikat.
Foto: Marteen Ronaldo/detikcom
Jakarta -

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyebut akan memasang sarana utilitas terpadu (SJUT) untuk mengatasi kabel menjuntai di Jl Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur. Mengikat kabel hanya solusi sementara.

"Perapian kabel utilitas yang menjuntai sudah kami lakukan. Lokasi Jl Pemuda sudah masuk dalam program kegiatan Sarana Jaringan Utilitas Terpadu (SJUT)," tulis Sudin Bina Marga dalam keterangannya di kanal CRM, Selasa (14/12/2021).

Diketahui, masalah kabel menjuntai di Jl Pemuda dikeluhkan oleh salah seorang warga DKI. Keluhan itu, kemudian ditindaklanjuti oleh Pemprov DKI Jakarta dan masuk kanal aduan CRM.

Pemprov DKI Jakarta saat ini melaksanakan proyek SJUT di empat kota administrasi, tak hanya di Jl Pemuda. Saat ini, pengerjaan SJUT masih berproses di tempat lain. Jika SJUT jadi, kabel akan ditanam di tanah.

"Masih dalam tahap pekerjaan dan masih akan terus berlanjut di tahun 2022. Mohon dukungannya untuk Jakarta yang lebih baik," katanya.

Diberitakan sebelumnya, petugas dari Dinas Bina Marga mengikat kabel-kabel yang berada di trotoar Jl Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur. Kini, posisi kabel jadi lebih tinggi dari sebelumnya.

Dari keterangan warga sekitar, kabel di depan Halte Pemuda Rawamangun itu dirapikan pada Senin (13/12) malam. Pada Selasa (14/12/2021) pagi, kabel-kabel sedikit lebih rapi.

Sementara sebelumnya juntaian kabel bisa mengenai kepala pejalan kaki, kini posisi kabel setinggi sekitar 170 cm.

Lihat juga video 'Perbaikan Kabel dan Tiang di Ciputat Dikeluhkan Warga':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/dnu)