Pihak RS Ungkap Penyebab Haji Lulung Meninggal

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Selasa, 14 Des 2021 13:59 WIB
Haji Lulung Lunggana Meninggal, Begini Perjuangannya Saat Sakit Jantung
Abraham Lunggana atau dikenal Haji Lulung (Adhyasta Dirgantara/detikcom)
Jakarta -

Ketua DPW PPP DKI Jakarta Abraham Lunggana atau dikenal Haji Lulung meninggal dunia. Pihak RS Harapan Kita mengungkapkan penyebab meninggalnya Haji Lulung.

Direktur Pelayanan Medik Keperawatan dan Penunjang RS Harapan Kita, Dr Dicky Fahri, mengatakan Haji Lulung dirawat selama 20 hari. Dicky mengatakan pompa jantung Haji Lulung dalam kondisi tidak baik.

"Keadaan Haji Lulung selama perawatan dari 24 November sampai sekarang 14 Desember jadi 20 hari, tiap pagi kami melakukan evaluasi dengan tim yang sudah dibuat. Kita pantau secara ketat mengenai keadaan beliau secara keseluruhan. Didapatkan pompa jantung yang sangat kurang baik," kata Dicky kepada wartawan, Selasa (14/12/2021).

Dicky menceritakan bahwa selama perawatan pihak RS sudah memberikan obat-obatan serta alat kesehatan. Namun, dalam perkembangannya, jantung Haji Lulung sulit dikendalikan karena persoalan irama jantung.

Direktur Pelayanan Medik Keperawatan dan Penunjang RS Harapan Kita, Dr Dicky Fahri (Azhar BR/detikcom)Direktur Pelayanan Medik Keperawatan dan Penunjang RS Harapan Kita, Dr Dicky Fahri (Azhar BR/detikcom)

"Kita atasi dengan segala macam obat-obatan yang kita punya yang ada di RS ini dan yang tidak ada kita carikan, salah satunya dengan alat. Dalam perkembangannya, ada keadaan naik dan turun. Naik itu maksudnya mencapai normal tidak, tapi ada keadaan sedikit membaik, tapi ada juga keadaan menurun," kata Dicky.

"Yang sangat mengganggu adalah irama jantungnya, kita coba atasi dengan obat-obatan yang kita berikan tapi sangat sulit untuk mengendalikan. Sembuh bisa 4 hari, tapi nanti timbul lagi sehingga tim memutuskan sesuatu, dengan inform concern yang baik terhadap keluarga untuk mencari sumber gangguan iramanya itu yang kita lakukan," sambungnya.

Lebih jauh, Dicky mengatakan pada perkembangannya Haji Lulung tutup usia pada pukul 10.50 WIB tadi.

"Tapi dalam perjalanannya, sumber kelainannya ketemu, tapi pompa jantungnya semakin lama semakin tidak baik, sehingga keadaannya pada pukul 10.50 WIB beliau dipanggil Yang Maha Kuasa," katanya.

Sebelumnya, kabar Haji Lulung, meninggal dunia disampaikan Sekjen PPP Arwani Thomafi. Arwani menyebut Haji Lulung meninggal dunia di RS Harapan Kita, Jakarta. Arwani memohon doa.

"Innalillahi wa innailaihi rajiun," kata Arwani kepada detikcom, Selasa (14/12).

"Telah berpulang ke rahmatullah Haji Lulung Lunggana meninggal dunia hari ini Selasa, 14 Desember 2021, jam 10.51 WIB, di RS Harapan Kita Jakarta. Mohon doanya agar beliau di terima amal ibadahnya. Husnul khotimah," katanya.

(azh/jbr)