Warga Kota Mojokerto Bisa Bayar PBB Lewat OVO-GoPay

Dea Duta Aulia - detikNews
Selasa, 14 Des 2021 13:08 WIB
Pemkot Mojokerto
Foto: dok. Pemkot Mojokerto
Jakarta -

Agar mempermudah dan mempercepat pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) bagi Wajib Pajak (WP), Pemerintah Mojokerto meluncurkan pembayaran PBB via dompet digital. Nantinya masyarakat bisa bayar pajak via minimarket hingga OVO dan GoPay.

Dalam acara peluncuran Senin (13/12) Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari menjelaskan, terobosan ini merupakan inovasi Pemerintah Mojokerto melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD).

"Selain Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), kami mengembangkan lagi percepatan dan perluasan digitalisasi daerah, Wajib Pajak selanjutnya tidak hanya bisa membayar melalui QRIS, tapi juga bisa lewat Indomart, Alfamart, OVO, Go-Pay," ungkap Ning Ita, dalam keterangan tertulis, Selasa (14/12/2021).

"Artinya Wajib Pajak tidak lagi terkendala harus datang ke Bank Jatim, ke BPKPD, ataupun ke MPP Gajah Mada, di mana pun masyarakat berada tidak akan terkendala untuk melakukan kewajiban pembayaran pajaknya kepada pemerintah," imbuh dia.

Ning Ita berharap melalui inovasi ini dapat memberikan efek positif terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Mojokerto serta transparansi keuangan akan lebih terjaga.

"Ini menjadi potensi besar bagi kita bersama untuk membangun Kota Mojokerto lebih baik lagi, semua tidak bisa lepas dari partisipasi masyarakat termasuk salah satunya melalui kewajiban membayar pajak kepada pemerintah. Karena hasil dari pembayaran pajak tersebut akan kami kembalikan kemanfaatanya untuk kota Mojokerto, baik berupa pembangunan infrastruktur hingga pembangunan Sumber Daya Manusia," tutupnya.

(prf/ega)