Gempa M 7,4 Dirasakan Kuat di Labuan Bajo, Warga Panik Berlarian

Jabbar Ramdhani - detikNews
Selasa, 14 Des 2021 10:56 WIB
Petugas mengukur panjang amplitudo letusan Gunung Anak Krakatau (GAK) dari data rekam seismograf di Pos Pengamatan GAK Pasauran, Serang, Banten, Kamis (27/12/2018). PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi) menaikan status GAK dari WASPADA ke level SIAGA sejak Kamis (27/12) karena frekwensi letusan meningkat dengan amplitudo rata-rata 25 milimeter diiringi dentuman cukup keras. ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/hp.
Seismograf, alat perekam gempa (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)
Jakarta -

Gempa bumi magnitudo 7,4 terjadi di Larantuka, Nusa Tenggara Timur (NTT). Gempa dirasakan di Labuan Bajo, Manggarai Barat.

Getaran gempa dirasakan cukup kuat. Sempat timbul kepanikan saat warga merasakan gempa.

"Cukup terasa goyangnya, sekitar 1 menit. Ini gempa terbesar yang saya rasa. Sempat panik dan kita sampai keluar semua," kata Ismail Surdi saat dihubungi, Selasa (14/12/2021).

Ismail mengatakan para pegawai di Labuan Bajo sempat keluar dari gedung. Namun belum ada laporan kerusakan akibat gempa tersebut.

"Semua keluar dari gedung, tapi di kantor saya tidak ada kerusakan. Kondisi sekarang sudah baik, kita belum dengar ada kerusakan," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, gempa M 7,4 terjadi pada hari ini pukul 10.20 WIB. Lokasi gempa berada di koordinat 7,59 Lintang Selatan dan 122,26 Bujur Timur.

BMKG mengeluarkan peringatan dini tsunami. Pusat gempa berada di 112 km arah barat laut dari Larantuka, NTT, pada kedalaman 12 km.

Simak Video 'Ada Peringatan Tsunami Usai Gempa M 7,5 di Wilayah NTT':

[Gambas:Video 20detik]




(jbr/tor)