Head Corcomm Elnusa Petrofin Jadi Pemimpin Humas Berpengaruh di 2021

Angga Laraspati - detikNews
Senin, 13 Des 2021 13:23 WIB
Elnusa
Foto: dok. Elnusa
Jakarta -

Department Head of Corporate Communication & BoD Support Elnusa Petrofin Putiarsa Bagus Wibowo menerima penghargaan sebagai 'Pemimpin Public Relations Berpengaruh 2021 Kategori Korporasi'. Nama Putiarsa disandingkan dengan para pemimpin PR Korporasi lainnya yang menerima penghargaan yang sama.

Para pemimpin fungsi Public Relations/Humas yang mendapatkan penghargaan dinilai Berhasil mewujudkan reputasi dan exposure positif perusahaan/organisasi di mata publik maupun stakeholders baik di media pemberitaan maupun media sosial.

Selain itu para pemenang dinilai memiliki kinerja yang mumpuni dalam memimpin fungsi Public Relations/Corporate Communication yang sejalan dengan tujuan dari Organisasi/Korporasi. Adapun penghargaan tersebut diberikan oleh Media PR Indonesia Group dalam forum Jambore PR INDONESIA (JAMPIRO) #7 di Bali yang mengusung tema 'Transformasi Komunikasi Keberlanjutan Bangsa'.

Founder dan CEO PR INDONESIA Group Asmono Wikan mengucapkan selamat kepada para pemenang dalam ajang Forum Jambore PR INDONESIA (JAMPIRO) #7. Asmono

Wikan mengatakan di masa pandemi dan disrupsi digital, setiap pemimpin di level apapun perlu selalu mengevaluasi agenda-agenda komunikasi kepada publik yang dilakukan, agar senantiasa tetap relevan dengan tujuan organisasi/korporasi.

"Dunia berubah, pandemi mengajarkan banyak hal kepada kita semua. Termasuk para pemimpin, bahwa cara dan metode komunikasi harus selalu disesuaikan dari waktu ke waktu. Agar upaya menggapai reputasi senantiasa dapat dicapai," imbuh Asmono Wikan dalam keterangan tertulis, Senin (13/12/2021).

Di sisi lain, Putiarsa Bagus Wibowo mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diterima. Menurutnya, penghargaan tersebut tidak luput atas bantuan dari berbagai pihak baik secara internal maupun eksternal seperti media-media yang selama membantu proses komunikasi PT Elnusa Petrofin.

"Penghargaan ini akan menjadi penyemangat agar kedepannya Department Corporate Communication & BoD Support dapat menghasilkan inovasi-inovasi yang tentunya dibarengi dengan peningkatan kualitas SDM yang ada di department yang dia pimpin. Sehingga kehadiran Corcom & BoD Support memberikan pengaruh yang lebih baik lagi dalam hal reputasi perusahaan," kata Putiarsa.

Putiarsa Bagus Wibowo mulai memimpin dan membangun fungsi Corporate Communication dan Corporate Social Responsibility (CSR) di PT Elnusa Petrofin sejak Desember 2017 yang sebelumnya tidak ada. Selama itu, berbagai macam terobosan dan upaya dilakukan untuk meningkatkan kinerja serta komunikasi efektif Elnusa Petrofin kepada Publik dan Stakeholders.

Selama masa Pandemi COVID-19, Putiarsa secara proaktif memimpin timnya untuk menjalankan kegiatan komunikasi perusahaan mulai dari kegiatan operasional, Corporate Social Responsibility, sampai informasi bisnis Elnusa Petrofin.

Bagi Putiarsa peran komunikasi menjadi salah satu bagian terpenting dari perusahaan baik secara internal maupun eksternal. Menurutnya, sebagai bagian strategis di Perusahaan, tugas utama dari pemimpin Departemen atau fungsi Public Relations adalah bagaimana dapat membentuk, mengemas dan mengkomunikasikan pesan pesan korporasi dengan tepat dan efektif.

"Sehingga dibutuhkan kreativitas dan inovasi sehingga dapat tercipta engagement yang positif dengan seluruh key Stakeholders," ujar Putiarsa.

Dalam memberikan penghargaan, Media PR Indonesia Group bekerjasama dengan perusahaan startup Kazee Digital Indonesia. Penilaian ini dimulai dari 1 Januari sampai 30 September 2021. Aspek penilaian penghargaan yaitu popularitas dan kinerja.

Sosok pemenang merupakan praktisi humas/PR yang memiliki popularitas yang baik. Titik beratnya adalah kuantitas eksposur di 7.198 media online local, 1.032 media online nasional, dan 2.347 media online internasional, dan media sosial (Twitter, Facebook, dan Instagram), serta kualitas dari eksposur tersebut (mempertimbangkan tone positif/negatif).

Penentuan pemenang didasarkan pada kuantitas ekspos perbincangan positif warganet dan mempertimbangkan konten pemberitaan yang dianalisis secara manual oleh PR INDONESIA dan Kazee Digital Indonesia.

Selain Putiarsa, beberapa pemimpin Fungsi Public Relations juga mendapatkan penghargaan tokoh PR Berpengaruh ini seperti: Google Indonesia, Gojek, Telkom, Pertamina, PLN, Telkomsel, Adaro Energi, BNI 46, Bank Mandiri, BRI, Astra, Tokopedia dan lain-lain.

(prf/ega)