Geger Warga di Polman Sulbar Temukan Koin Kuno Dalam Guci Tertimbun Tanah

Abdy Febriady - detikNews
Senin, 13 Des 2021 12:50 WIB
Geger warga di Polman temukan koin kuno dalam guci tertimbun tanah. (Abdy/detikcom)
Geger warga di Polman menemukan koin kuno dalam guci tertimbun tanah. (Abdy/detikcom)
Polman -

Warga di Desa Daala Timur, Kecamatan Bulo, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar), dibuat geger oleh penemuan ribuan koin kuno dalam guci yang tertimbun tanah.

Koin kuno ini ditemukan warga setempat bernama Johar (23) dalam perjalanan menuju kebun, yang berjarak sekitar 1 kilometer dari tempat tinggalnya, pada pertengahan Oktober 2021. Johar mengaku awalnya hanya menemukan beberapa keping koin kuno di jalan kebun dan sempat diabaikan.

"Jadi pertama kan begini, kebetulan pada saat itu ke kebun toh. Ketika di jalanan, pertama-tamanya saya melihat dulu sekitar 5 biji (koin kuno), saya belum ambil karena khawatir ada mistis," ungkap Johar saat ditemui wartawan di rumahnya, Senin (13/12/2021).

"Beberapa hari selanjutnya saya ke kebun lagi. Saya liat lagi ada koin itu, bahkan jumlahnya bertambah menjadi delapan. Waktu itu saya belum ambil," sambung Johar.

Diakui Johar, dia mulai tertarik pada keberadaan koin kuno tersebut setelah beberapa hari kemudian dia terjatuh di sekitar tempat koin ditemukan.

"Ketiga kalinya saya kembali ke sana, saya terpeleset, secara tidak langsung saya melihat lagi (koin kuno), akhirnya saya mulai berpikir untuk mengambilnya. Saya panggil dulu ibu di rumah kebun, saya sampaikan ada semacam barang antik, mungkin bisa kita ambil tapi berdua," tuturnya.

Saat ditemukan, sebagian besar koin kuno tersebut berada dalam guci tanah yang diselimuti serabut pohon aren, lainnya berceceran.

"Sebelum saya gali, saya liat dulu karena di situ (guci) ditutupi oleh bulu. Pas dibuka, ada koin di dalam guci. tapi sudah banyak yang berjatuhan," terangnya.

Setelah dihitung, lanjut kata Johar, jumlah koin kuno yang ditemukan dalam guci lebih dari seribu keping. Ia mengaku belum berniat menjual koin kuno tersebut kepada kolektor.

"Kalau kita hitung kemarin, jumlahnya sekitar seribu lebih. Kita belum tahu mau diapakan, tapi untuk sementara mau disimpan dulu di rumah," tuturnya.

Sejak kabar penemuan ribuan keping koin kuno ini beredar luas, banyak warga yang berdatangan di rumah johar, sekedar untuk melihat wujud koin kuno yang ditemukannya.

Setidaknya ada dua macam ukuran koin kuno yang ditemukan Johar. Sebagian koin juga memiliki lubang pada bagian tengah. Pada salah satu sisi permukaan koin, terdapat tulisan 'NEDERLANDSCH INDIE'. Pada sisi lainnya, bertuliskan aksara jawa dan abjad Arab. Nilai koin juga berbeda-beda, dari setengah sen hingga dua setengah sen.

Tertera juga tahun pembuatan koin kuno tersebut, paling tua tahun 1858, sedangkan paling muda tahun 1945.

Hingga saat ini, warga setempat tidak mengetahui siapa pemilik ribuan koin kuno tersebut. Warga juga tidak bisa memastikan, apakah koin kuno tersebut sudah lama tertimbun di lokasi tempatnya ditemukan atau belum lama ditimbun seseorang dengan alasan tertentu.

(nvl/nvl)