ADVERTISEMENT

PDIP Dinilai Hampir Pasti Usung Capres di 2024, Anies-Ganjar Ngarep 'Tiket'

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Minggu, 12 Des 2021 18:03 WIB
Puan Maharani dan Megawati
Foto: Puan Maharani dan Megawati (dok. Instagram)
Jakarta -

Partai PDI Perjuangan (PDIP) dinilai mutlak akan mengusung calon presiden (capres) pada Pilpres 2024 mendatang. Sebab, partai banteng itu tak perlu berkoalisi dengan partai politik lain untuk mengusung capres.

"Peta pilpres hari ini, sebetulnya kan per hari ini ya, yang pasti bisa calon itu cuma satu orang, namanya Megawati Soekarnoputri, karena sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan dia bisa menentukan sendiri siapa capres dari PDI Perjuangan," ujar pendiri lembaga survei KedaiKOPI, Hendri Satrio, kepada wartawan, Minggu (12/12/2021).

"Kemudian yang kedua, PDI Perjuangan ini bisa sendirian, nggak harus sama partai lain untuk berkoalisi," lanjutnya.

Hendri meyakini dipastikan capres yang diusung PDIP akan masuk ke kontestasi pilpres. Menurut dia, hal ini berbeda dengan parpol lainnya yang masih bergantung dengan koalisi.

"Jadi, kalau per hari ini, yang bebas menentukan itu adalah PDI Perjuangan, sehingga hampir pasti calon presiden PDI Perjuangan, siapapun itu, akan bisa masuk ke kancah Pilpres 2024. Yang lain sangat tergantung dengan partai politik lainnya," kata dia.

Dia menambahkan, merujuk pada hasil surveinya, tercatat bahwa tak hanya sebagai parpol, calon presiden yang dimajukan oleh PDIP pun bisa diunggulkan.

"Per hari ini, memang kalau kita lihat dari berbagai hasil survei, termasuk hasil survei KedaiKOPI, PDI Perjuangan bisa diunggulkan, termasuk calon-calon dari PDI Perjuangan," imbuhnya.

Menurut Hendri, hasil-hasil survei yang menunjukkan deretan nama capres dengan elektabilitas tertinggi pada Pilpres 2024, akan kesulitan bila tak mengantongi restu dari partai politik. Artinya, nama-nama dengan elektabilitas tinggi berdasarkan survei, seperti Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo, tetap harus dapat 'tiket' dari partai jika mau maju sebagai capres.

"Jadi, walaupun elektabilitas Ganjar atau Anies tinggi, tanpa blessing partai politik ini akan sulit maju di perhelatan pilpres," terang Hendri.

"Maka, tokoh-tokoh seperti Prabowo Subianto, Airlangga Hartarto, Agus Harimurti Yudhoyono, Puan Maharani, ini akan jadi unggulan untuk bisa masuk ke perhelatan pilpres. Karena, suka tidak suka merekalah pemegang tiket capres, yang bisa menentukan siapa kira-kira capresnya, yang akan diusung parpol tersebut," pungkasnya.

Lihat juga Video: Top 5 Capres 2024 Versi Indikator Politik Indonesia

[Gambas:Video 20detik]



(zak/zak)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT