Tambak Udang Vaname di Kalteng Dinilai Bisa Dongkrak Ekonomi Daerah

Angga Laraspati - detikNews
Minggu, 12 Des 2021 10:59 WIB
Tambak Udang Vaname di Kalteng Dinilai Bisa Dongkrak Ekonomi Daerah
Foto: Dok. Pemprov Kalteng
Jakarta -

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kalteng Leonard S. Ampung menilai tambak udang vaname di Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah memiliki potensi yang besar untuk mendongkrak ekonomi daerah. Pihaknya berharap ada investor yang masuk mengembangkan kawasan Shrimp Estate tersebut.

"Ini suatu potensi yang besar untuk mengangkat PAD Kalteng dan ujungnya untuk devisa negara juga. Kita berharap masyarakat juga bisa meningkatkan daerah, desa menjadi petambak udang vaname yang tangguh," tutur Leonard dalam keterangan tertulis, Minggu (12/12/2021).

Hal ini dia ungkapkan saat meninjau pembangunan shrimp estate di sejumlah tempat di Kabupaten Sukamara, Sabtu (11/12). Tambak udang yang di tinjau di antaranya tambak udang Tanjung Selaka yang berlokasi di Sungai Damar Kecamatan Sungai Lunci, Tambak Udang Desa Sungai Damar Kecamatan Sungai Lunci dan lokasi shrimp estate di Desa Sungai Raja Kecamatan Kuala Jelai.

Lebih lanjut, Leonard mengungkapkan pemda sangat mendukung terhadap peningkatan dan pembangunan dari shrimp estate di mulai dari Kabupaten Sukamara. Pemprov juga berkolaborasi dengan Kabupaten Sukamara agar bisa menyesuaikan RTRWK dan RDTR. Berikutnya berkolaborasi dengan Bank untuk pembiayaannya.

Selain itu, kata dia, shrimp estate ini masuk dalam Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi (RTRWP) dalam revisi Perda Nomor 5 Tahun 2015 tentang tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2015-2035.

"Bapak Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran berkomitmen kuat untuk mengembangkan shrimp estate. Semua pembiayaan, pendekatan dari APBD dan pendekatan dari Bank sudah dikolaborasikan dengan baik oleh Bapak Gubernur," katanya.

Sementara itu, Bupati Sukamara H. Windu Subagio mengapresiasi kepada Pemprov Kalteng khususnya Gubernur H. Sugianto Sabran yang telah mendukung penuh pengembangan shrimp estate di Kabupaten Sukamara.

"Dengan ditetapkannya shrimp estate di Kabupaten Sukamara untuk udang vaname, saya bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur Kalteng dan pihak terkait yang sudah mendukung dan mengembangkan shrimp estate menjadi suatu kawasan tambak udang yang modern dengan cara budidaya yang intensif," ucap Windu.

Windu berharap kehadiran tambak shrimp estate memberikan dampak yang positif untuk masyarakat Sukamara. "Dampak yang kami harapkan bisa membangkitkan perekonomian di sekitar tambak shrimp estate, berkembangnya tenaga kerja dan adanya transfer teknologi dari pengelola shrimp estate ke masyarakat sekitar pantai," imbuhnya.

Windu juga menuturkan Pemerintah Daerah sangat mendukung penuh program udang vaname di Kabupaten Sukamara.

Sebagai informas, turut hadir dalam peninjauan tersebut sejumlah Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng Direktur Utama Bank Kalteng Yayah Diasmono serta pihak terkait lainnya.

Peninjauan ini merupakan tindak lanjut dari Focus Discussion Group (FGD) Prospek dan Investasi Tambak Udang Vaname di Provinisi Kalteng yang digelar Jumat (10/12) lalu.

(akd/ega)