ADVERTISEMENT

Menhub Minta Antigen-Vaksinasi Gratis di Pelabuhan Merak saat Nataru

M Iqbal - detikNews
Sabtu, 11 Des 2021 15:48 WIB
Menhub dan Menko PMK saat mengunjungi Pelabuhan Merak.
Menhub dan Menko PMK saat mengunjungi Pelabuhan Merak (M Iqbal/detikcom)
Cilegon -

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta diadakannya vaksinasi gratis bagi penumpang di Pelabuhan Merak, Banten. Permintaan itu menyusul aturan pemerintah yang tak memberlakukan penyekatan pada libur Natal dan tahun baru (Nataru) 2022.

Budi mengatakan libur Nataru tahun ini beda dengan tahun-tahun sebelumnya meski di tengah pandemi COVID-19. Baik petugas maupun masyarakat diminta memahami aturan yang sudah dibuat.

"Nataru kali ini memang khusus karena kita harus mengawal. Kita tidak melakukan pengetatan (perjalanan), tapi pengetatan prokes," kata Budi saat mengunjungi Pelabuhan Merak, Sabtu (11/12/2021).

Syarat perjalanan bagi penumpang menuju Sumatera di antaranya wajib sudah vaksin dosis kedua dan membuktikan hasil antigen negatif. Jika ditemukan pemudik belum vaksin kedua, Menhub meminta agar pihak Pelabuhan Merak menyediakan vaksinasi gratis.

"Oleh karenanya, tadi saya sarankan kita mengadakan vaksin gratis dan antigen gratis. Ini menjadi penting," ujarnya.

Selain itu, Budi menilai sosialisasi terkait syarat perjalanan perlu dimasifkan agar warga yang hendak bepergian tak lagi beralasan tidak mengetahui syarat-syarat apa yang harus dipenuhi.

"Sosialisasi (aturan) yang kita tetapkan harus berjalan dengan baik," ujarnya.

(rfs/rfs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT