Antusiasme Tinggi, Lomba Orasi Unras Akan Digelar Setiap Tahun

Wildan Noviansah - detikNews
Sabtu, 11 Des 2021 02:31 WIB
Sejumlah mahasiswa melakukan orasi dalam acara Lomba Orasi Unjuk Rasa 2021 Piala Kapolri di kawasan Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Jumat (10/12). Lomba orasi unjuk rasa ini untuk memperingati Hari HAM Sedunia.
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Bertepatan dengan hari Hak Asasi Manusia (HAM) sedunia, Polri menggelar acara Lomba Unjuk Rasa 2021 di Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat. Karena antusiasme tinggi, rencananya lomba orasi akan menjadi acara tahunan.

"Ini merupakan satu yang baik, dan kemungkinan besar ini menjadi agenda setiap tahun yang akan dilakukan oleh Polri bekerjasama dengan instansi terkait lainnya," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono saat diwawancarai di lokasi lomba, Jumat (10/12/2021).

Sebelumnya, lomba dilakukan di 34 Polda di seluruh provinsi di Indonesia. Kemudian, Rusdi mengatakan, ada 6 tim dari berbagai daerah yang berhasil maju ke babak final untuk memperebutkan piala Kapolri.

"Lomba orasi unjuk rasa itu dilaksanakan di seluruh Polda, 34 Polda. 34 Polda melakukan menyaring mengirimkan satu yang dianggap terbaik, Kemudian oleh dewan juri dinilai dari 34 menjadi 6 tim dari wilayah Sumatera, Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara, kemudian Kalimantan, Sulawesi dan wilayah Maluku Papua," kata Rusdi.

Dengan adanya gelaran ini, Rusdi mengatakan, Polri melihat bahwa kebebasan berpendapat menjadi suatu keharusan dalam demokrasi.

"Sekali lagi ini lagi ini menjadi bukti bagi Polri, Polri sangat menghargai kebebasan berekspresi, dan juga tentunya institusi Polri menjadi institusi yang tidak anti kritik," kata dia.

Lebih lanjut, dengan dilakukannya lomba orasi ini, Rusdi berharap akan iklim demokrasi menjadi lebih baik.

"Polri berharap iklim demokrasi akan semakin baik, dan tentunya Polri siap mengawal untuk lebih berkembang pada demokrasi." pungkasnya.

(aik/aik)