Sambut Hari HAM Sedunia, Kapolri Gelar Lomba Orasi di Tugu Proklamasi

Wildan Noviansah - detikNews
Jumat, 10 Des 2021 11:27 WIB
Lomba orasi Kapolri di Tugu Proklamasi
Lomba orasi Kapolri di Tugu Proklamasi. Foto: Wildan/detikcom
Jakarta -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menggelar lomba orasi di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat. Lomba itu digelar dalam rangka memperingati Hari HAM Sedunia yang jatuh pada hari ini, Jumat (10/12/2021).

Dalam sambutannya, Sigit mengatakan lomba tersebut merupakan bentuk komitmen Polri dalam memberikan wadah untuk menyampaikan aspirasi. Selain itu, dalam lomba itu Sigit juga ingin menunjukan bahwa Polri merupakan instansi yang menjunjung tinggi HAM.

"Ini adalah merupakan bagian dari komitmen Polri untuk menjunjung tinggi HAM dan nilai demokrasi dengan memberikan wadah dan ruang dalam menyampaikan aspirasi," ujar Sigit dalam sambutannya, Jumat (10/12/2021).

Dalam kesempatan yang sama, Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menyebut gelaran tersebut merupakan ajang untuk meningkatkan kualitas demokrasi dan mendorong kecintaan kepada Tanah Air.

"Untuk meningkatkan kualitas penerapan demokrasi secara benar dan mendorong kepedulian tanah air dan terwujudnya demokrasi Pancasila," ujar Dedi.

Pantauan detikcom di lokasi, Jumat (10/12/2021), Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo tiba di Tugu Proklamasi pukul 09.56 WIB. Sigit tampak disambut oleh sejumlah personel polisi setibanya di lokasi.

Di lokasi, tampak pula hadir Wakapolri Komjen Gatot Edy Pramono dan Komisioner Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM Khaerul Anam. Acara tersebut mengusung tema Equality-Reducing Inequalities, Advancing human right (Kesetaraan-Mengurangi Kesenjangan, Memajukan Hak Asasi Manusia).

Lomba orasi itu dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan "Indonesia Raya" tampak semua tamu undangan pun berdiri. Setelahnya, terlihat beberapa peserta orasi dari berbagai daerah pun mulai berdatangan.

Diketahui, ada sekitar 90 orang yang terdiri dari 6 tim yang mengikuti lomba orasi tersebut. Mereka datang dari sejumlah wilayah yakni komunitas Aman Kesal dari Universitas Negeri Surabaya, komunitas Lingkar Hijau dari Sulawesi Selatan, Justitia dari Malut, Sembur Paus dari NTT, Universitas Balikpapan, dan Polres Pandang Panjang Sumatera Barat.

Simak Video 'Peringati Hari HAM Sedunia, Jokowi Singgung Kasus Paniai Papua':

[Gambas:Video 20detik]



(rak/dhn)