ADVERTISEMENT

Sidang Munarman Digelar Offline Pekan Depan, Polisi Siapkan Pengamanan

Firda Cynthia Anggrainy Al Djokya - detikNews
Kamis, 09 Des 2021 21:39 WIB
Pengamanan sidang Munarman di PN Jaktim
Gedung PN Jaktim (Wildan Noviansah/detikcom)
Jakarta -

Polres Metro Jakarta Timur menyiapkan pengamanan sidang mantan Sekretaris Umum (Sekum) FPI Munarman yang akan digelar secara offline. Munarman dijadwalkan menjalani sidang lanjutan secara offline di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, Rabu (15/12/2021) pekan depan.

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Erwin Kurniawan tidak menjelaskan berapa jumlah personel yang akan disiagakan untuk mengamankan sidang offline tersebut. Namun pihaknya telah menyiapkan skenario pengamanan untuk mengantisipasi eskalasi massa.

"Kalau kita tentu berbekal informasi intelijen yang dinamis ya. Tentu jika eskalasinya naik, kita akan siapkan cara-cara bertindak taktis untuk mengantisipasi itu, mulai dari tensi untuk ancaman yang akan kita hadapi, itu akan sesuai dengan kekuatan yang kita siapkan," kata Kombes Erwin Kurniawan kepada wartawan, Kamis (9/12/2021).

Erwin mengatakan pihaknya akan memantau perkembangan situasi di lapangan. Erwin memastikan akan menambah personel jika terpantau ada gerakan massa di sekitar PN Jaktim.

"Apabila eskalasi bertambah, maka kita gandakan kekuatan. Kalau eskalasi ketat ya kita gandakan," ujar Erwin.

"Tentu bisa berubah setiap waktu ketika informasi yang kita terima itu menginformasikan tentang situasi yang kita hadapi," lanjutnya.

Sebelumnya, Munarman meminta persidangan digelar secara offline di PN Jaktim. Majelis hakim kemudian mengabulkan permohonannya itu.

"Mengabulkan permohonan penasihat hukum terdakwa, memerintahkan jaksa penuntut umum menghadirkan terdakwa pada sidang selanjutnya secara offline," kata hakim ketua dalam sidang di PN Jaktim, Jalan Dr Sumarno, Cakung, Jaktim, Rabu (8/12).

Dalam sidang sebelumnya, Munarman meminta hakim menggelar persidangan secara offline. Munarman mencontohkan persidangan Habib Rizieq yang juga digelar di PN Jaktim.

"Mengenai persidangan hari ini, di dalam penetapan saya baca ini, penetapannya penetapan offline, sidang normal artinya. Kalau kita menggunakan yang online, maka harus ada pernyataan secara eksplisit. Ini sebagai salah satu contoh dalam penetapan sama PN Jaktim Nomor 221, yaitu menetapkan persidangan atas nama Terdakwa M Rizieq Shihab alias Habib Muhammad Rizeq yang dilaksanakan di PN Jaktim dilakukan secara elektronik," kata Munarman dalam sidang di PN Jaktim, Rabu (1/12).



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT