Ridwan Kamil Ngaku Lagi Cari Parpol Maju Pilkada atau Pilpres

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Kamis, 09 Des 2021 13:12 WIB
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (Azhar-detikcom)
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (Azhar/detikcom)
Jakarta -

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengaku sedang mencari partai politik (parpol). Hal itu dilakukan untuk mempersiapkan diri maju dalam pilkada maupun pilpres 2024.

"Iya sedang mencari-cari (partai). Karena memang untuk kepentingan maju dua periode (gubernur) pun saya putuskan lebih mantap jika berpartai," kata Ridwan Kamil kepada wartawan di gedung KPK, Jakarta Selatan, Kamis (9/12/2021).

Ridwan Kamil mengatakan, dengan bergabung ke parpol, dia akan mendapatkan dukungan yang kuat dari DPRD. Rencana bergabung dengan parpol ini dia rencanakan untuk pertengahan 2022.

"Sehingga dukungan DPRD pun bisa kuat. Pilihan itu kan paling realistis ya. Di luar kalau ada yang meminang memang ke pemimpin nasional ya juga posisinya juga lebih baik harus sudah berpartai. Mungkin di pertengahan tahun depan begitu," kata pria yang akrab disapa Kang Emil itu.

Selanjutnya, Kang Emil tak bisa memprediksi nantinya akan lanjut ke capres atau tetap ke arah gubernur. Dia menyebut hubungan dengan tokoh parpol juga harus dijalin dengan baik.

"Nggak bisa ditebak matematika begitu, mana aja takdir tuhan ya," ujarnya.

"Semuanya baik-baik (hubungan dengan parpol). Kemarin Pak Zul (Zulkifli Hasan, Ketua PAN) ke Bandung, Pak Airlangga dulu dan semuanya dijaga hubungan baik. Dalam politik, hubungan baik itu penting," imbuhnya.

Sebelumnya, Ketua Umum (Ketum) PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas), bertemu dengan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (RK) beberapa hari lalu. PAN membuka pulang duet Zulhas dan Ridwan Kamil di Pilpres 2024.

Pertemuan antara Zulhas dan Ridwan Kamil diketahui melalui akun Instagram Zulhas. Dalam unggahannya, Zulhas tampak duduk berdua dengan Ridwan Kamil pada Minggu (5/12).

Juru bicara muda PAN, Dimas Prakoso Akbar, mengatakan partainya memang sudah mantap mengusung Zulhas sebagai capres di Pilpres 2024. PAN terbuka dalam koalisi dengan partai lain untuk mengusung Zulhas.

"Berdasarkan rakernas tahun 2021, PAN mengusung Ketua Umum Zulkifli Hasan sebagai calon presiden 2024. Tapi PAN adalah partai terbuka dan realistis, apalagi PT 20% nggak ada satu pun parpol yang bisa mengusung capres secara sendirian," kata Dimas, kepada wartawan, Rabu (8/12).

(azh/dwia)