Pemko Medan Bakal Kaji Usulan Ormas soal Olo Panggabean Jadi Nama Jalan

Datuk Haris Molana - detikNews
Kamis, 09 Des 2021 13:02 WIB
Kantor Wali Kota Medan
Kantor Wali Kota Medan (Ahmad Arfah Lubis/detikcom)
Medan -

Anggota DPRD Medan menyebut ada organisasi kemasyarakatan yang meminta nama Olo Panggabean dijadikan nama jalan menggantikan Jalan Sekip di Medan. Pemko Medan bakal mengkaji permintaan itu.

"Pemko Medan akan melaksanakan kajian dan rapat dengan instansi terkait untuk perubahan nama jalan tersebut," kata Kabag Prokopim Kota Medan Arrahman Pane saat dimintai konfirmasi, Kamis (9/12/2021).

Kabag Hukum Kota Medan Laksamana Putra Siregar mengatakan proses penetapan maupun perubahan nama jalan harus dilakukan melalui kajian. Dia mengatakan ada berbagai aspek yang dikaji.

"Untuk proses penetapan maupun perubahan nama jalan, tentu terlebih dahulu melalui kajian dari berbagai aspek sosial kemasyarakatan, perencanaan pemanfaatan jalan dimaksud ke depannya, serta kewenangan pemerintahan atas jalan dimaksud, sebelum menjadi usulan yang memungkinkan untuk dibahas di tingkat pemerintah kota," ujar Putra.

Sebelumnya, ada organisasi kemasyarakatan yang mendatangi kantor DPRD Medan meminta agar nama Olo Panggabean dijadikan nama jalan di Medan. Nama Olo Panggabean diminta menggantikan nama Jalan Sekip.

"Iya, aspirasi masyarakat dan ormas," kata anggota Komisi IV DPRD Medan Hendra DS saat dimintai konfirmasi soal adanya usulan agar nama Olo Panggabean menjadi nama jalan di Medan, Rabu (8/12).

DPRD Medan telah menggelar rapat dengar pendapat (RDP) mengenai hal itu. DPRD akan menyampaikan permintaan warga itu ke Pemko Medan.

"Semua aspirasi masyarakat kan kita tampung," ujar Hendra.

Untuk diketahui, Olo Panggabean merupakan salah satu tokoh pemuda di Kota Medan. Olo dikenal sebagai pendiri organisasi Ikatan Pemuda Karya (IPK). Olo Panggabean meninggal pada 2009. Semasa hidup, dia dikenal sebagai pengusaha dan sosok kontroversial.

(dhm/haf)