ADVERTISEMENT

Bendera Ormas di Ciledug Dicopot Aparat, Ada yang Diikat di Tiang Listrik!

Khairul Ma'arif - detikNews
Kamis, 09 Des 2021 12:09 WIB
Penertiban atribut ormas di Tangerang (Khairul-detikcom)
Penertiban atribut ormas di Tangerang (Khairul/detikcom)
Tangerang -

Aparat gabungan menurunkan atribut ormas yang berada di Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang. Penurunan ini dilakukan tepatnya di sekitar Jalan Hasyim Ashari.

Pantauan detikcom di lokasi, Kamis (9/12/2021) aparat gabungan ini terdiri atas Satpol PP, TNI, dan Polri. Atribut ormas ini berupa bendera yang dipasang di tiang listrik hingga di gapura perumahan.

Terpantau mayoritas bendera ormas yang diturunkan adalah bendera Pemuda Pancasila (PP) dan Forum Betawi Rempug (FBR). Camat Karang Tengah Malkan Al Masqo mengatakan sangat terbantu sekali oleh adanya penurunan atribut ini di wilayahnya.

"Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada Pak Kapolsek, Pak Danramil, dan Satpol PP. Kita bersinergi sehingga wilayah kami bersih dan tertib dari atribut-atribut yang tidak enak dipandang mata," katanya saat ditemui di kantornya.

Selain itu, penurunan ini dilakukan untuk menghindari adanya gesekan antarormas di wilayahnya. Penurunan ini juga sudah atas persetujuan dari para anggota ormasnya.

Suasana penurunan bendera ormas di Jalan Hasyim Ashari (Khairul Ma'arif-detikcom)Suasana penurunan bendera ormas di Jalan Hasyim Ashari (Khairul Ma'arif/detikcom)

"Penurunan ini sudah atas persetujuan para anggota ormas. Bahkan, saat penurunan, beberapa dari anggota ormas juga ikut menurunkan atributnya," ucapnya.

Dia menjelaskan hari ini penurunan atribut mayoritas dilakukan di jalan protokol, yaitu Jalan Hasyim Ashari, karena pemasangan atributnya tinggi-tinggi. Menurutnya, hal ini dilakukan untuk memperindah kota karena menjadi jalan yang paling sering dilalui.

"Jadi yang diutamakan itu di jalan protokol. Kalau masuk ke gang-gang kampung, nanti teman-teman ormas sudah menurunkan sendiri-sendiri," ungkapnya.

Menurut Malkan, nantinya akan dilakukan penataan untuk pemasangan atribut ormas. Menurutnya, rencananya ada tiga titik pemasangan atribut di wilayahnya agar lebih tertata.

"Baru rencana saja sih ini belum nentuin tempat-tempatnya. Saya akan koordinasikan ke Kapolsek dan Danramil untuk ini. Jadi nanti bendera ormas dipasang bersamaan di tengah-tengah ada bendera Merah Putih agar lebih terlihat persatuannya. Harapannya, setelah diturunin ini, semoga bisa menjaga situasi kondusif di Karang Tengah," ujarnya.

Simak juga 'Sentilan Jokowi untuk Polri: Sowan ke Ormas Hingga soal Investasi':

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/mei)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT