Geger Sumur Resapan di DKI: Jalan Rusak, Diaspal, Kini Jebol

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 09 Des 2021 06:49 WIB
Sumur resapan modular jebol di Jl Bona Indah, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, 8 Desember 2021. (Arnold Mamesah via akun Twitter-nya, @arnold5508)
Foto: Sumur resapan modular jebol di Jl Bona Indah, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, 8 Desember 2021. (Arnold Mamesah via akun Twitter-nya, @arnold5508)
Jakarta -

Sebuah sumur resapan di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, jebol usai diaspal. Sumur resapan itu jebol saat dilintasi mobil.

Ternyata persoalan mengenai sumur resapan ini datang silih berganti. Berikut detikcom merangkum permasalahan sumur resapan yang terjadi beberapa hari kebelakang:

1. Jalan Rusak

Salah satu sumur resapan yang ramai disorot adalah di Jalan Lebak Bulus III, Jakarta Selatan. Pada 30 November 2021, nampak sumur-sumur resapan dibangun berderet di Jl Lebak Bulus III, Cilandak, Jakarta Selatan.

Posisi sumur resapan berada di badan jalan. Permukaan jalan menjadi rusak, retak, dan berbahaya bila dilintasi kendaraan, terlebih kendaraan roda dua.

"Jelas bahaya, soalnya kan ini jalanan bagus, jadi orang kadang ngebut di sini. Terus ini kan retak terus jelek, bahaya juga. Soalnya kadang mobil atau yang lain nggak mau ngenain lobang ini jadi mepet ke arah sana," kata warga sekitar bernama Ilham saat ditemui detikcom di lokasi, Selasa (30/11/2021).

Jalan Lebak Bulus III Rusak Akibat Sumur ResapanFoto: Jalan Lebak Bulus III Rusak Akibat Sumur Resapan (Wildan-detik)

Adanya keluhan itu, Dinas SDA DKI memutuskan untuk membuat permukaan tutup sumur resapan sama rata dengan jalan. Sehingga tak mengganggu pengguna jalan.

"Kemarin sudah saya sampaikan ke pelaksananya. Sudah saya minta untuk segera ditindaklanjuti," kata Kepala Sudin SDA Jaksel, Mustajab, kepada detikcom, Rabu (1/12).

2. Diaspal

Pemprov DKI kemudian mengaspal permukaan sumur resapan itu. detikcom memantau pada Jumat (3/12) lalu, terpantau sumur-sumur resapan di Jl Lebak Bulus III ini sudah tak terlihat lagi. Ruas jalan ini sudah diaspal hingga penutup sumur tertutup lapisan jalan.

Lubang-lubang air di atas sumur resapan tak semuanya tersedia. Sebagian memang ada lubang, ukuran lubangnya sebesar lingkaran jari orang dewasa. Ada enam lubang dalam satu kumpulan.

Jl Lebak Bulus III, penutup sumur resapan kini sudah diaspal. 3 Desember 2021. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)Foto: Jl Lebak Bulus III, penutup sumur resapan kini sudah diaspal. 3 Desember 2021. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)

"(Lubang air) dipinggirkan, nanti dibuat mulut-mulut airnya," kata Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Selatan, Mustajab, saat dihubungi, Jumat (3/12).

Pada Sabtu (4/12) kemarin, detikcom memantau kembali ke lokasi yang sama. Petugas-petugas proyek sedang mengebor aspal baru itu, membuat lubang tambahan di atas sumur resapan yang kini sudah tak terlihat lagi secara sekilas.

Simak Video 'Pakar Tata Kota Trisakti: Sumur Resapan Tak Efektif Atasi Banjir DKI':

[Gambas:Video 20detik]