Pemprov Jabar Berikan Trauma Healing 12 Santriwati Korban Pemerkosaan Guru

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 09 Des 2021 04:44 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Foto: Pemprov Jabar)
Bandung -

Seorang guru di Bandung, Jawa Barat, memperkosa 12 santriwati hingga hamil. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menyebut Pemprov Jawa Barat telah memberikan trauma healing kepada para korban.

"Anak-anak santriwati yang menjadi korban, sudah dan sedang diurus oleh tim DP3AKB (Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana) Provinsi Jawa Barat untuk trauma healing dan disiapkan pola pendidikan baru sesuai hak tumbuh kembangnya," tulis Ridwan Kamil dalam Instagramnya seperti dilihat detikcom, Kamis (9/12/2021).

Ridwan Kamil juga meminta forum institusi pendidikan dan forum pesantren untuk saling mengingatkan jika terjadi praktik-praktik yang di luar kewajaran.

"Juga agar aparat setempat di level desa/kelurahan agar selalu memonitor setiap kegiatan publik yang berada di wilayah kewenangannya," jelas Ridwan Kamil.

Tak hanya itu, ia juga meminta para orang tua rajin dan rutin memonitor situasi pendidikan anak-anaknya. Hal ini agar para orang tua mengetahui kondisi terkini keseharian anak-anaknya.

"Semoga pengadilan bisa menghukum seberat-beratnya dengan pasal sebanyak-banyaknya kepada pelaku yang biadab dan tidak bermoral ini," tulis Ridwan Kamil.

Diberitakan sebelumnya, seorang guru salah satu pesantren di Bandung berinisial HW tega memperkosa santriwatinya. Korban bahkan mencapai belasan orang.

Perkara itu sudah masuk ke pengadilan. Pada Selasa (7/12) kemarin, sidang tersebut sudah masuk ke pemeriksaan sejumlah saksi. Informasi dihimpun, saksi yang diperiksa merupakan para saksi korban. Sidang yang dipimpin ketua Majelis hakim Y Purnomo Surya Adi itu berlangsung tertutup.

Sementara itu berdasarkan salinan dakwaan yang diterima detikcom, aksi itu diketahui dilakukan oleh HW pada rentang waktu 2016 hingga 2021. Sedikitnya dari belasan korban tersebut, empat santriwati hamil. Mereka sudah melahirkan saat kasus ini masuk persidangan.

Simak Video 'Kasus Guru Perkosa Santriwati di Bandung, Total 9 Bayi Lahir Akibat Ulahnya':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/isa)