Ditembak Mati, Anggota KKB Yahukimo Bawa Senpi yang Direbut dari TNI

Jabbar Ramdhani - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 18:36 WIB
Atu Kogoya, seorang anggota teroris KKB di Yahukimo, Papua, ditembak mati Satgas TNI. Dari tangan Atu, disita senpi serbu yang direbut dari prajurit TNI. (dok Istimewa)
Atu Kogoya, seorang anggota teroris KKB di Yahukimo, Papua, ditembak mati Satgas TNI. Dari tangan Atu, disita senpi serbu yang direbut dari prajurit TNI. (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Atu Kogoya, seorang anggota teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Yahukimo, Papua, ditembak mati Satgas TNI Pos Koramil Persiapan Suru-Suru. Dari tangan Atu, disita senjata api (senpi) yang direbut dari prajurit TNI.

"Satu pucuk senjata laras panjang organik SS2 V4 Trijikon tersebut merupakan senjata organik dari personel Satgas TNI yang dibunuh oleh KKB di Kali Brasa, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, pada tanggal 18 Mei 2021," kata Kapendam Cenderawasih Kolonel Arm Reza Nur Patria, Rabu (8/12/2021).

Kontak tembak terjadi di Distrik Suru-Suru, Yahukimok pada Selasa (7/12) sekitar pukul 08.00 WIT. Akibat kontak tembak tersebut, Atu mengalami luka hingga akhirnya tewas.

Selain senapan serbu SS2 V4 Trijikon, turut disita 5 buah magasin, sejumlah munisi 5,56 mm, dan beberapa barang bukti lainnya.

Kontak tembak terjadi saat aparat Satgas TNI Koramil Persiapan Suru-Suru sedang melaksanakan tugas pembinaan teritorial, yaitu pengawasan dan memonitor situasi wilayah di Distrik Suru-Suru.

Saat itu, Satgas TNI Koramil Persiapan Suru-Suru melihat orang tak dikenal (OTK) membawa senjata laras panjang. OTK tersebut lalu menembaki Satgas TNI Koramil Persiapan Suru-Suru sehingga terjadi kontak tembak.

Barang bukti yang didapat akan diserahkan kepada pihak kepolisian untuk proses penyelidikan lebih lanjut.

Anggota KKB di Distrik Suru-Suru ini berafiliasi dengan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang melakukan penembakan terhadap anggota TNI.

Sejak 20 November lalu, tercatat lima prajurit TNI terluka dan dua di antaranya gugur di Suru-suru. Kedua prajurit yang gugur sebelumnya ialah Sersan Satu TNI Ari Baskoro dan Rahaldi.

Simak juga Video: KSAD Dudung Minta Dirangkul, Ini Catatan Dosa KKB Papua di 2021

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/idh)